7 Fakta Menarik Biji Kopi Sumatra yang Populer di Dunia

ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

7 Fakta Menarik Biji Kopi Sumatra yang Populer di Dunia

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 26 Jul 2022 07:00 WIB
7 Fakta Menarik Biji Kopi Sumatra yang Populer di Dunia
Foto: Getty Images/iStockphoto/Charnchai

4. Biji kopi paling populer di Starbucks

Jaringan kedai kopi terbesar di dunia ini konon hanya ingin menggunakan biji kopi arabika di seluruh gerainya di dunia. Tetapi ada salah satu biji kopi robusta yang dikatakan paling digemari oleh pelanggannya di berbagai mancanegara.

Biji kopi ini ternyata merupakan biji kopi robusta asal Lampung yang memang begitu populer. Bahkan jika kamu mengunjungi Starbucks di Amerika Serikat atau Inggris mereka akan mengakui bahwa biji kopi dari Sumatra ini menjadi yang paling banyak dipesan.

5. Penyumbang pendapatan nasional

Biji kopi asal Sumatra Utara dikatakan menjadi yang paling dicari dan berharga tinggi di pasar internasional. Salah satunya adalah biji kopi Tanah Batak yang digemari para penikmat kopi di seluruh dunia.

Selain dari Tanah Batak ada juga beberapa kopi lain yang paling laku di pasar internasional dan identitas biji kopi yang bisa diketahui adalah berasal dari kawasan Sumatra Utara. Permintaan para penikmat kopi internasional yang tinggi ini tentunya akan berdampak baik bagi pendapatan agrikultur Indonesia.

7 Fakta Menarik Biji Kopi Sumatra yang Populer di DuniaTak hanya di Indonesia, biji kopi asal Sumatra Utara juga digemari di Amerika Serikat. Foto: Getty Images/iStockphoto/Charnchai

6. Populer di Amerika Serikat

Tidak hanya di Indonesia tetapi biji kopi asal Sumatra ternyata begitu digemari hingga ke seluruh bagian dunia. Biji kopi dari Sumatra ini dikenal sebagai campuran untuk espresso blend yang digemari oleh orang Amerika Serikat.

Rasanya yang kuat dan khas membuat biji kopi asal Sumatra ini disukai. Ada tiga jenis biji kopi yang paling populer di Amerika Serikat dengan dua diantaranya berasal dari Sumatra, yaitu Sulawesi Toraja Toarco, Organic Sumatra Bies Penantan, and Sumatra single origin.

7. Kopi Aceh Gayo mendunia

Walaupun disebutkan sebagai produsen biji kopi robusta tertinggi tetapi ada salah satu biji kopi arabika yang dinobatkan sebagai biji kopi berkualitas tinggi di pasar internasional. Biji kopi ini adalah Aceh Gayo yang ditanam, dipanen dan diolah di Aceh.

Konon biji kopi ini pertama kali ditanam sejak masa penjajahan Belanda. Struktur geografisnya yang didominasi oleh perbukitan membuat Takengon (Gayo), Aceh menjadi salah satu lokasi terbaik di Indonesia untuk menanam biji kopi arabika.



Simak Video "Makan Unik Pakai Kerekan"
[Gambas:Video 20detik]

(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT