ADVERTISEMENT

Ngopi Yuk!

7 Fakta Menarik Biji Kopi Sumatra yang Populer di Dunia

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 26 Jul 2022 07:00 WIB
7 Fakta Menarik Biji Kopi Sumatra yang Populer di Dunia
Foto: Getty Images/iStockphoto/Charnchai
Jakarta -

Biji kopi dari pulau Sumatra dikenal sebagai biji kopi berkualitas baik di pasar internasional. Ternyata ada tujuh fakta menarik dibalik rasanya yang begitu kuat.

Selain dikenal dengan wisata dan kulinernya, Indonesia juga dikenal sebagai produsen kopi besar dengan biji kopi berkualitas tinggi. Hampir di setiap daerah memiliki ciri khas biji kopinya masing-masing.

Salah satu yang disebut-sebut menjadi kawasan penghasil biji kopi terbesar adalah pulau Sumatra. Mulai dari ujung Selatan hingga Utara semua menjadi produsen kopi dengan karakteristik yang berbeda.

Bahkan kopi asal Sumatra memiliki banyak penggemar dan paling laris di pasar internasional. Di balik keistimewaannya ini biji kopi Sumatra disebutkan punya fakta menarik yang perlu diketahui.

Berikut ini 7 fakta biji kopi asal Sumatra menurut Facts of Indonesia:

7 Fakta Menarik Biji Kopi Sumatra yang Populer di DuniaPetani kopi di Sumatra Utara didominasi 80% oleh wanita. Foto: Getty Images/iStockphoto/Charnchai

1. Petani kopi di Sumatra Utara mayoritas wanita

Di bagian Utara pulau Sumatra lebih dari 80% petani kopinya didominasi oleh wanita. Sayangnya para petani wanita ini dikecualikan dalam pelatihan dan pemberdayaan sebagai petani kopi lokal.

Berdasarkan beberapa sumber informasi, kondisi petani di Sumatra Utara masih cukup mengkhawatirkan dan butuh beberapa bantuan. Hal ini untuk membuat petani memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih baik sehingga hasil panen biji kopinya jauh lebih tinggi dengan kualitas yang tak bisa diragukan lagi.

2. Hanya diolah dengan cara tradisional

Biji kopi yang dipetik dari lahan di Sumatra Utara tidak bisa dipanen dalam waktu yang cepat. Seluruh pohon kopinya tidak menggunakan bantuan bahan kimia apapun termasuk pestisida.

Hal ini membuat risiko kerusakan tanaman kopi begitu tinggi sehingga harus bersabar untuk mendapatkan biji kopi dalam jumlah yang banyak. Setelah dipetik, buah kopi juga akan diolah menjadi biji kopi dengan cara tradisional yang masih dipertahankan.

3. Penghasil kopi luwak alami

Sumatra juga dikenal sebagai produsen kopi luwak dengan kualitas tertinggi. Di pasar internasional, kopi luwak asal Sumatra menjadi salah satu kopi berharga paling mahal yang begitu populer.

Biji kopi luwak khas Sumatra dikenal memiliki rasa yang unik serta aroma yang berbeda dengan biji kopi lain atau kopi luwak dari tempat lain. Untuk takaran 500 gramnya bahkan bisa dipatok harga mulai dari Rp 2,2 juta hingga RP 30 miliar.

Fakta menarik biji kopi Sumatra lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "Sambal Bakar Indonesia Racikan TikToker yang Pedas Menyengat"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT