ADVERTISEMENT

Catat! Sebaiknya Hindari 5 Makanan Ini Saat Makan di Restoran Prasmanan

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 25 Jul 2022 12:30 WIB
Family taking food in self service restaurant in hotel. A lot of domestic colorful food is served. Family with two children.
Foto: iStock
Jakarta -

Meski tidak ada aturan resmi atau penelitian khusus. Sebaiknya lima makanan ini dihindari saat sedang makan di restoran prasmanan atau konsep buffet.

Konsep All You Can Eat (AYCE), atau makan sepuasnya sering diterapkan di berbagai restoran. Biasanya lebih fokus ke menu daging panggang dan sejenisnya.

Restoran AYCE juga eksis dengan konsep prasmanan atau buffet yang bisa diambil sepuasnya, dan sekenyangnya. Menu yang ditampilkan jauh lebih beragam, mulai dari makanan pembuka, makanan utama, makanan pendamping hingga makanan penutup.

Dilansir dari Times of India (22/07), ada lima makanan yang sebaiknya dihindari saat menyantap makanan di restoran konsep buffet.

1. Makanan yang Digoreng

Family taking food in self service restaurant in hotel. A lot of domestic colorful food is served. Family with two children.Family taking food in self service restaurant in hotel. A lot of domestic colorful food is served. Family with two children. Foto: iStock

Kebanyakan di restoran buffet, orang akan lebih lapar mata dan kalap saat melihat aneka makanan enak dan menggiurkan yang digoreng.

Misalnya ayam goreng, aneka jenis gorengan seperti lumpia atau fish and chips. Semuanya ini sebaiknya dikonsumsi secukupnya. Karena makanan yang digoreng di buffet, dianggap yang paling tidak sehat.

Meski tidak semua restoran, tapi kebanyakan restoran buffet menggunakan jenis minyak goreng yang lebih murah, atau yang sudah digunakan berkali-kali untuk menghemat biaya produksi. Jadi bisa berbahaya untuk kesehatan jika dimakan berlebihan.

2. Makanan Tinggi Karbohidrat

Roti, mashed potatoes, nasi putih, dan pasta adalah jenis makanan tinggi karbohidrat yang sebaiknya tidak dimakan saat santap prasmanan.

Ini karena karbohidrat dapat memberi rasa kenyang lebih cepat. Jadi cukup sayang, jika kita belum mencoba berbagai jenis makanan yang ditawarkan tapi perut sudah terlanjur kenyang.

Sebaiknya ambil makanan tinggi protein atau serat seperti sea food atau salad agar tubuh lebih ternutrisi.

3. Makan Terlalu Cepat dan Minum Soda

Efek Minum Soda Diet Bisa Terasa dalam 1 Jam, Ini Penjelasan AhliMinum soda. Foto: Getty Images/iStockphoto/champpixs


Rasa haus yang muncul saat makan sebaiknya diatasi dengan konsumsi air mineral. Hindari mengonsumsi minuman soda atau minuman manis lainnya karena membuat perut lebih cepat kenyang dengan kalori kosong.

Selain itu makan terlalu cepat saat menikmati santap prasmanan memberi kesan Anda sangat kelaparan. Cara ini juga tidak baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Sebaiknya makan pelan-pelan dan nikmati waktu bersantap Anda dengan mengobrol bersama keluarga atau rekan kerja.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT