ADVERTISEMENT

Wajib Cicip! 5 Jajanan Langka Minang di Festival Budaya Luhak Nan Tigo 2022

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 23 Jul 2022 16:30 WIB
Jajanan di Festival Kuliner Minang
Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Akhir pekan ini bisa mampir ke Festival Budaya Luhak Nan Tigo 2022 di kawasan Kebayoran Baru. Selain menampilkan kesenian, juga menghadirkan kuliner khas Minang.

Festival Budaya Luhak Nan Tigo 2022 diadakan di Lapangan Bola Masjid Agung Al-Azhar tepatnya di Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Festival tersebut akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari Jumat 22 Juli hingga Minggu 24 Juli 2022. Acara ini menjadi ajang reuni bagi para warga suku Minangkabau.

Dalam acara tersebut akan menghadirkan banyak kegiatan. Mulai dari kesenian, fashion show hingga festival kuliner Minang yang mungkin jarang ditemui.

Berikut 5 rekomendasi kuliner Minang di Festival Budaya Luhak Nan Tigo 2022:

1. Bika Bukittinggi Nuryani

Jajanan di Festival Kuliner MinangJBika adalah kudapan khas Sumatera Barat yang terbuat dari tepung beras dan kelapa muda. Foto: detikcom/Riska Fitria

Salah satu gerai kuliner yang bisa kamu kunjungi adalah Bika Bukittinggi Nuryani. Bika adalah kudapan khas Sumatera Barat yang terbuat dari tepung beras dan kelapa muda.

Kata 'bika' diambil dari bahasa Minang yang artinya 'bakar'. Jadi, bika ini dimasak dengan cara dibakar dengan tatakan daun waru. Teksturnya empuk dan rasanya manis.

Miko, selaku pemilik gerai mengatakan bahwa bika biasa disajikan saat hajatan. Satu buah bika ini dibanderol dengan harga Rp 5.000. Selain di sini, gerai ini juga buka di kawasan Tanah Abang.

Baca Juga: Payakumbuah: Lamak Bana! Ikan Salai di RM Padang Arief Muhammad

2. Lompong Sagu

Jajanan di Festival Kuliner MinangLompong sagu terbuat dari tepung sagu, pisang, kepok, santen, kelapa, dan gula aren. Foto: detikcom/Riska Fitria

Lompong sagu merupakan jajanan tradisional khas Sumatera Barat yang sudah mulai sulit ditemui. Gerai ini hanya menawarkan lompong sagu dalam acara festival saja.

Namun di festival ini, ada gerai yang menawarkan lompong sagu. Lompong sagu terbuat dari tepung sagu, pisang, kepok, santen, kelapa, dan gula aren. Kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar.

Teksturnya empuk dan cita rasanya manis. Itu karena di dalamnya diisi dengan gula aren. Harga lompong sagu di sinidibanderol seharga Rp 15.000 untuk dua buah.



Simak Video "Mencoba Nasi Padang dengan Sentuhan Kuliner Asal Medan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT