ADVERTISEMENT

Nasi Padang Diwujudkan dalam Kue Menggiurkan Oleh Baker Bandung

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 19 Jul 2022 18:00 WIB
Kue Food Replica berbentuk nasi Padang ini buatan baker asal Bandung
Foto: dok. Smulguds
Jakarta -

Hiasan kue biasanya berbentuk bunga atau karakter cantik. Berbeda dari biasanya, baker asal Bandung ini membuat kue nasi Padang yang tampilannya menggiurkan.

Toko kue online banyak menjamur di Instagram. Kebanyakan mereka menawarkan Korean cake dengan hiasan minimalis yang menggunakan warna pastel.

Pelanggan yang ingin membeli kue ini bisa memesan dengan desain sesuai keinginan. Ada yang menggunakan hiasan bunga, gradasi warna, karakter tokoh idola, hingga kalimat ucapan.

Selain bentuk-bentuk minimalis tersebut, ternyata ada toko kue online yang biasa menawarkan Korean cake ini dengan bentuk unik. Bentuk kuenya menyerupai makanan, salah satunya nasi Padang.

Kue 'Food Replica' berbentuk nasi Padang ini buatan baker asal BandungKue 'Food Replica' berbentuk nasi Padang ini buatan baker asal Bandung Foto: TikTok @smulslife

Baca Juga: Ada Durian Sapi hingga Durian Bambang yang Manis Creamy di Kang Duren

Toko kue online itu adalah Smulguds yang aktif menjual Korean cake di Instagram. Nabilla Puteri, sang pemilik Smulguds sempat beberapa kali mengunggah videonya membuat kue ke akun TikTok @smulslife.

Tutorial membuat hiasan kue nasi Padang itu diunggahnya beberapa hari lalu (16/7). Pada unggahannnya, Nabilla memperlihatkan bagaimana ia menampilkan bentuk nasi Padang yang mirip aslinya.

Mulai dari bentuk nasi putih hingga lauk khas nasi Padang yang terlihat menggiurkan. Seperti daun singkong, kuah gulai hingga rendang. Menurut keterangan video, Nabilla membuat hiasan itu hanya menggunakan krim saja.

"Tukang kue kok bikin nasi padang? Lah kok pake krim? Nonton aja lah pokoknya," tulis keterangan pada unggahan video di akun TikTok @smulslife.

Kue nasi Padang itu tampak menggiurkan. Pasalnya, warna-warna yang digunakan pada krim untuk membentuk hiasan kue terlihat seperti aslinya. Video kue nasi Padang ini cukup menarik perhatian netizen dengan total 13.700 kali ditonton.

Baca Juga: Segarnya Sayur Asem Betawi untuk Makan Siang Ada di 5 Tempat Ini

Kue 'Food Replica' berbentuk nasi Padang ini buatan baker asal BandungKue 'Food Replica' berbentuk nasi Padang ini buatan baker asal Bandung Foto: dok. Smulguds

Kepada detikFood (19/7), Nabilla Puteri sang pemilik Smulguds menjelaskan tentang kue buatannya itu. Mulai dari jenis kue, dasar kue yang dipakai, hingga harga yang ditawarkan kalau ingin membeli kue tersebut.

Kue yang menyerupai makanan ini disebut dengan istilah 'food replica cake'. Tren kue ini sebenarnya sudah cukup lama berkembang, jadi favorit karena bisa dibuat khusus mengikuti makanan favorit penerimanya.

Nabilla menjelaskan kalau kue dasar yang dipakai seperti pada umumnya. "Base cake yang Smulguds pakai itu sponge cake dengan whipped cream filling sesuai dengan rasa yang kami tawarkan. Untuk dekorasinya non-dairy whipped-cream dan buttercream," jelasnya.

Soal kesulitan membuat kue, Nabilla mengatakan kalau setiap kue memiliki karakteristik berbeda. Berpengaruh pada waktu pengerjaan dan cara mendekorasinya.

Kue 'Food Replica' berbentuk nasi Padang ini buatan baker asal BandungKue 'Food Replica' berbentuk nasi Padang ini buatan baker asal Bandung Foto: dok. Smulguds

"Food replica cake itu gampang-gampang susah. Tergantung pada jenis desain makanan yang dipesan. Kesulitan utamanya adalah selain harus memperhatikan bentuk dari makanan tersebut juga tekstur dan warnanya," ujar Nabilla Putri.

"Belum lagi makanan kan biasanya bentuknya nggak pasti ya, ada yang bagian agak gosong, lembek, crunchy, berserat. Untuk waktunya tergantung tingkat kesulitan cake. Kalau kue nasi Padang itu pengerjaannya 1 jam 15 menit hanya dekornya saja," lanjut Nabilla.

Dalam menghias kue nasi Padang ini, Nabilla dan tim seringnya memakai non-dairy whipped cream. Karena cita rasanya enak dan lebih ringan dibandingkan fondant atau buttercream. Sejauh ini menurutnya pelanggan juga lebih menyukai whipped cream.

Kue 'Food Replica' berbentuk nasi Padang ini buatan baker asal BandungKue 'Food Replica' berbentuk nasi Padang ini buatan baker asal Bandung Foto: dok. Smulguds

Kalau ingin memesan food replica cake seperti kue nasi Padang, kamu bisa memesannya di Smulguds dengan sistem pre-order (PO) pada H-4. Harganya dibanderol mulai dari Rp 200.000 untuk wholecake seperti kue nasi Padang ini.

Selain kue berbentuk nasi Padang, Smulguds juga pernah membuat hiasan makanan lainnya. Seperti kue berbentuk sate ayam Madura, ramen, sate taichan, hingga pizza.

Karena Smulguds belum memiliki toko fisik, pemesanan hanya bisa dilakukan via Instagram @smulguds atau WhatsApp ke nomor 0812-2263-3314. Untuk pengambilan kue bisa ke workshop mereka yang berlokasi di Jalan Sinargalih, Pasirlayung, Bandung.

Baca Juga: Unik! Netizen Ini Bikin Pizza Topping Nasi Padang hingga Natto



Simak Video "Mengenal Keluarga Penjual Kue Putu Turun-temurun di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT