ADVERTISEMENT

Jijik! Daging Ayam di Restoran China Ini Bekas Dicomoti Anjing

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 16 Jul 2022 18:30 WIB
Jijik! Daging Ayam di Restoran China Ini Bekas Dicomoti Anjing
Foto: SCMP
Jakarta -

Banyak kejadian menjijikkan yang bikin orang-orang hilang selera makannya. Salah satunya penemuan petugas pengantar makanan ini saat ambil makanan di dapur restoran.

Kebersihan menjadi poin utama yang paling penting dalam mengelola makanan dan minuman yang akan dikonsumsi, atau dijual untuk orang banyak.

Jika makanan dan minuman tidak dimasak atau dikelola dengan bersih. Pastinya akan menimbulkan banyak masalah, dari makanan yang terkontaminasi bakteri sampai kemasukan hewan atau serangga.

Hal ini lah yang membuat penemuan seorang petugas pengantar makanan di Provinsi Zheijang, China, jadi viral.

Dilansir dari SCMP (13/07), kisah ini berawal dari seorang petugas pengantar makanan yang akan mengambil makanan pesanan pembeli ke sebuah restroran.

Jijik! Daging Ayam di Restoran China Ini Bekas Dicomoti AnjingJijik! Daging Ayam di Restoran China Ini Bekas Dicomoti Anjing Foto: SCMP

Baca Juga: Beli Sup Mala Via Online, Wanita Ini Dapat Bonus Banyak Serangga" selengkapnya


Sambil menunggu makanan pesanan pembelinya disiapkan. Pengantar makanan ini menemukan hal yang membuatnya terkejut.

Di dapur tersebut, ada satu panci berisikan potongan daging ayam yang tengah dimarinasi dengan berbagai bumbu dan akan dimasak.

Tapi panci itu ditaruh di lantai dapur. Tak berapa lama ia melihat seekor anjing liar masuk ke dalam dapur kemudian makan potongan daging berbumbu itu dengan lahap.

Tepat di depan panci, ada pengelola restoran yang tampak santai dan tidak terganggu, bahwa marinasi daging yang akan dijualnya sudah diacak-acak oleh anjing liar. Tentunya sudah terkontaminasi dengan air liur anjing liar tersebut.

Diketahui lebih lanjut konsep restoran yang namanya dirahasiakan ini hanya melayani makanan pesan antar saja. Jadi memang tidak ada ruang makan untuk pembeli makan di tempat.

"Saya rasa mereka akan menyajikan potongan daging dari pancing daging yang sama ke pembeli, setelah anjing itu selesai makan," ungkap petugas pengantar makanan tersebut.

Usai video ini viral, pemerintah setempat langsung mengirimkan beberapa petugas untuk menyeldiki laporan di dapur tempat makan tersebut.

"Setelah melakukan penyelidikan ke tempat kejadian. Pihak tempat makan menjelaskan, saat itu hanya ada satu pegawai saja yang bertugas. Jadi anjing liar itu tidak sengaja makan dari panci daging tersebut," ungkap perwakilan dari pemerintahan Shangcheng, lokasi tempat makan itu berada.

Jijik! Daging Ayam di Restoran China Ini Bekas Dicomoti AnjingJijik! Daging Ayam di Restoran China Ini Bekas Dicomoti Anjing Foto: SCMP

Penejelasan lebih lanjut mengungkapkan, bahwa pihak tempat makan sudah membuang semua daging ayam yang ada di dalam video.

Namun pemerintah lokal juga menemukan bahwa kondisi dapur dan tempat masak di sana cukup kotor dan tidak sesuai dengan standard kebersihan yang berlaku.

Karenanya pemerintah menjatuhkan denda sebanyak 2,550 yuan (Rp 5,6 juta) ke restoran tersebut.

Meski sudah dijatuhkan denda, tapi netizen di China tetap mengkritik tempat makan tersebut, ada juga yang takut pesan makanan online.

"Masalahnya mereka hanya melayani makanan pesan antar, yang artinya para pelanggan tidak akan tahu apakah makanan yang mereka santap sudah terkontaminasi sesuatu," komen salah satu netizen.

"Duh! Saya tidak kuat lihatnya! Saya lega saya masak semua makanan saya di rumah," sambung netizen lainnya.

"Semua orang membahas tentang anjing liar itu. Tapi tidak ada yang membahas kumpulan lalat di atas meja makan, pasti mereka juga sudah mengkontaminasi makanan tersebut," pungkas netizen lainnya.

Baca Juga: Lakukan Hal Menjijikkan, Para Pelayan Restoran Ini Dipecat" selengkapnya



Simak Video "Bayar Rp 150 Ribu Bisa Makan Seafood Sepuasnya di Tepian Rasa! "
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT