ADVERTISEMENT

7 Rasa Takut Makan Ini Nyata, Ada yang Takut Ngobrol Saat Makan!

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Jumat, 08 Jul 2022 19:30 WIB
7 Rasa Takut Makan Ini Nyata, Ada yang Takut Ngobrol Saat Makan!
Foto: Listverse
Jakarta -

Fobia atau rasa takut berlebihan akan sesuatu yang tidak berbahaya dialami beberapa orang. Jenisnya banyak, termasuk fobia terkait makan dan makanan berikut ini.

Makanan atau aktivitas makan adalah sesuatu yang menyenangkan untuk banyak orang, tetapi tidak untuk beberapa orang. Mereka alami rasa takut berlebihan atau dikenal dengan istilah fobia.

Rasa takut ini muncul biasanya untuk hal-hal yang sebenarnya tidak berbahaya. Fobia termasuk ke dalam penyakit gangguan kecemasan yang bisa diatasi dengan konsultasi ke psikolog dan psikiater.

Menyoal fobia makanan, ada banyak jenisnya yang diidap orang-orang di dunia. Rasa takut yang muncul karena makanan ini sangat bervariasi.

Beberapa di antaranya mungkin bikin kamu mengernyitkan dahi. Mengutip Listverse (8/7), ini 7 rasa takut terkait makan dan makanan yang benar-benar ada:

1. Takut semua jenis makanan

7 Rasa Takut Makan Ini Nyata, Ada yang Takut Ngobrol Saat Makan!Foto: Listverse

Fobia makanan ini tergolong ekstrem karena pengidapnya takut akan semua jenis makanan. Bernama cibophobia, rasa takut akan makanan ini bisa berujung membuat seseorang kurang gizi.

Cibophobia juga memungkinkan pengidapnya takut mengonsumsi makanan yang dibuatkan orang yang tak dikenal. Mereka juga mungkin bakal terobsesi dengan tanggal kedaluwarsa makanan dan selalu mengeceknya.

Fobia makanan ini perlu diatasi segera dengan tindakan psikoterapi. Disebut-sebut, cibophobia menjadi fobia makanan yang terburuk.

2. Takut menelan makanan

7 Rasa Takut Makan Ini Nyata, Ada yang Takut Ngobrol Saat Makan!Foto: Listverse

Rasa takut makan juga termasuk phagophobia. Pengidapnya akan merasa khawatir menelan ludahnya sendiri. Phagophobia membuat seseorang takut menelan makanan, pil, dan bahkan minuman.

Secara umum, phagophobia berawal dari rasa takut akan tersedak. Mereka selalu merasa ada yang nyangkut di tenggorokan, padahal tidak ada.

Pada kasus terparah, fobia ini juga bisa membuat seseorang malnutrisi hingga dehidrasi. Kalaupun mereka makan, biasanya pengidap phagophobia bakal mengunyah makanan berlebihan dan menghindari makanan bertekstur tertentu.

3. Takut makan makanan yang tidak alami

7 Rasa Takut Makan Ini Nyata, Ada yang Takut Ngobrol Saat Makan!Foto: Listverse

Orthorexia belakangan dialami banyak orang seiring meningkatnya minat pola makan sehat. Pengidap orthorexia memiliki prinsip makan sehat yang ekstrem.

Mereka terobsesi akan kualitas sebuah makanan sehingga sangat menghindari konsumsi makanan yang tidak alami. Misalnya, pengidap orthorexia bakal mengeliminasi konsumsi kelompok makanan tertentu seperti produk olahan susu dan biji-bijian.

Sebaliknya, mereka hanya ingin makan makanan organik dan makanan tersebut harus diolah dengan cara yang sehat juga. Tak heran kalau mereka bisa memilih makanan dan memasaknya dalam waktu yang sangat lama.

Baca halaman selanjutnya untuk tahu fobia makanan lain.



Simak Video "Gurih Pedas Nasi Jinggo Sambal Belut di Bali"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT