ADVERTISEMENT

5 Drama Marketing di Dunia Kuliner yang Bikin Heboh

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Rabu, 06 Jul 2022 11:30 WIB
Kata Willgoz dan Pihak Limau Soal Tuduhan Adu Pukul Drama Marketing
Foto: Instagram willgoz/limau.id
Jakarta -

Dalam mempromosikan usaha kuliner, beberapa orang nekat lakukan 'drama marketing'. Contohnya adu pukul chef William Gozali dengan pemilik Limau hingga Devi MasterChef Indonesia yang disebut-sebut punya akun OnlyFans.

Drama marketing merujuk pada strategi pemasaran yang diberi 'bumbu' drama. Tak bisa dipungkiri, cara ini kerap sukses menarik perhatian masyarakat dengan cepat.

Drama marketing seolah jadi solusi instan yang dipilih para pengusaha kuliner di tengah persaingan bisnis yang ketat. Sering kali mereka melibatkan tokoh-tokoh terkenal agar strategi pemasaran lebih mulus.

Di dunia kuliner pernah viral kisah beberapa brand makanan dan minuman yang mempromosikan usaha mereka dengan teknik drama marketing. Siapa saja pelakunya?

Berikut 5 drama marketing di dunia kuliner yang sempat gegerkan jagat media sosial:

1. Somasi Hotman Paris untuk Kopi Kenangan

5 Drama Marketing di Dunia Kuliner yang Bikin HebohFoto: Instagram kopikenangan

Pertengahan pertengahan 2021, pengacara kondang Hotman Paris gegerkan netizen karena mengunggah video singkat yang berisi kekecewaannya pada merek Kopi Kenangan. "Saya benar-benar kecewa dengan @kopikenangan.id !!! Saya tunggu itikad baik mereka 3x24 jam," tulis Hotman dalam akun Instagramnya @hotmanparisofficial, Minggu (15/8/2021).

Ia juga memperingatkan penikmat Kopi Kenangan agar berhati-hati, namun pengacara yang identik dengan cincin berlian ini tak menjelaskan alasannya kecewa. Hotman Paris bahkan sampai bilang sudah membentuk tim kuasa hukum untuk menghadapi Kopi Kenangan.

Ternyata ancaman somasi dari Hotman Paris itu hanya bagian dari drama marketing. Dirinya mengumumkan kolaborasi bersama Kopi Kenangan setelahnya. Rangkaian produk Sultan Boba diluncurkan Hotman Paris dan Kopi Kenangan.

Minuman boba ini ada yang berupa Susu Sultan Boba Gula Aren, Hazelnut Choco Milk Tea Sultan Boba, hingga Kenangan Milk Tea Sultan Boba. "Ayo Masyarakat Indonesia, ini saatnya kalian merasakan minuman kekinian paling enak dari Sultan Hotman Paris bersama Kopi Kenangan yaitu Sultan Boba, pilihan para sultan dengan boba asli Taiwan!," tulis Hotman Paris saat itu.

Baca Juga: Ribut Hotman Paris dan Kopi Kenangan, Ehh... Ujung-ujungnya Jualan

2. Duel chef Juna vs chef Davin dari Holywings

5 Drama Marketing di Dunia Kuliner yang Bikin HebohFoto: Instagram/bydonchino & Instagram/junarorimpandeyofficial

Label 'drama marketing' juga ramai-ramai disematkan netizen untuk kejadian yang melibatkan chef Juna dengan chef Davin dari Holywings. Semua bermula pada Maret 2022 ketika chef Juna mengkritik masakan di Holywings lewat akun Instagram-nya.

Chef Juna mengaku kecewa dengan menu Spicy Korean Cheese yang ia pesan. Ia bahkan bilang kalau Holywings bukan restoran sungguhan. Hal inilah yang memicu kemarahan chef Davin. Ia sampai mengajak chef Juna duel di dapur.

Setelah heboh dan sempat panas, muncul pemberitaan bahwa Holywings memperkenalkan menu baru hasil kolaborasi bersama chef Juna. Dua menu 'seasonal' itu adalah Mexican Chicken wings dan Nasi Bebek Goreng Sulawesi yang mulai dipasarkan pada 27 Maret 2022.

Baca Juga: Heboh Chef Juna vs Chef Davin Holywings Ternyata Drama Marketing?

3. Adu pukul chef Wiliam Gozali (Willgoz) dan bos Limau

Kata Willgoz dan Pihak Limau Soal Tuduhan Adu Pukul 'Drama Marketing'Foto: Instagram willgoz/limau.id

Belum lama ini (28/6/2022) viral di akun gosip adu pukul antara Willgoz dengan Brian, bos nasi jeruk kekinian yaitu Limau. Mereka terlihat beradu argumen sebelumnya hingga saling memukul.

Kejadian bermula dari kritikan Willgoz pada porsi menu Limau yang sedikit. Hal ini menyulut emosi Brian hingga ia mengajak Willgoz bertemu dan terjadilah adu pukul itu.

Tapi tak lama kemudian, keesokan harinya, muncul kampanyeLimau vs Willgoz di Instagram keduanya. Mereka ternyata berkolaborasi dalam meluncurkan menu baru.

Ada dua menu Limau X Willgoz yang ditawarkan dalam periode terbatas, 29 Juni sampai 12 Juli 2022 di GrabFood. Keduanya adalah Mala Crispy Chicken dan Orange Crispy Chicken. Keduanya mengakui kehebohan yang terjadi sebelumnya adalah drama marketing semata.

Baca Juga: Adu Pukul Willgoz Vs Bos Limau Cuma Drama Marketing, Ini Pengakuannya!

Baca lagi drama marketing yang pernah ada di halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT