ADVERTISEMENT

5 Kontroversi Holywings, Promosi Makanan hingga Duel Chefnya

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 28 Jun 2022 12:30 WIB
5 Fakta Holywings, Bar yang Sering Dikira Restoran Ayam Goreng
Foto: Instagram holywings
Jakarta -

Holywings menyita perhatian usai izin usaha 12 gerainya di Jakarta dicabut Pemprov DKI. Sebelumnya Holywings juga menuai kontroversi, dari segi promosi makanan nyeleneh hingga duel chefnya bersama Chef Juna.

Pengumuman pencabutan izin usaha Holywings diumumkan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi DKI Jakarta, Benny Agus Chandra (26/6). Alasannya karena ada perizinan yang belum dikantongi Holywings Group.

Dua belas gerai Holywings yang dicabut gerainya itu berlokasi di banyak titik di Jakarta. Beberapa di antaranya adalah Holywings di kawasan Tanjung Duren, Kelapa Gading Barat, hingga Gunawarman.

Sebelumnya, Holywings memang kerap menuai kontroversi. Bar dan restoran ini jadi pembicaraan terkait banyak hal.

Berikut detikfood merangkum 5 kontroversi yang pernah menaungi Holywings:

1. Promo minuman alkohol untuk yang bernama Muhammad dan Maria

Konferensi pers penetapan tersangka kasus Holywings di Polres Jaksel (Karin-detikcom)Konferensi pers penetapan tersangka kasus Holywings di Polres Jaksel (Karin-detikcom) Foto: detikcom

Sebelum heboh kabar izin pencabutan usahanya, Holywings juga jadi sorotan karena promo nyeleneh yang mereka unggah di Instagram @holywingsindonesia dan @holywingsbar (22/6). Tertulis mereka yang namanya Muhammad dan Maria bisa dapat 1 botol minuman alkohol gratis.

Promo ini kabarnya berlaku tiap Kamis dengan syarat membawa kartu identitas. Tak lama setelah diunggah, promo ini mendapat kecaman dari berbagai pihak. Holywings lantas mengunggah permintaan maaf secara tertulis (24/6).

Permintaan maaf ini rupanya tidak membuat Holywings terhindar dari dilaporkan ke polisi. Seorang bernama Feriyawansyah pada Jumat (24/6) dini hari melaporkan Holywings atas tuduhan penistaan agama lewat promosi minuman beralkohol.

Buntutnya, Polda Metro Jakarta Selatan menetapkan enam orang karyawan manajemen Holywings Indonesia sebagai tersangka kasus promosi minuman alkohol gratis bagi pelanggan bernama Muhammad dan Maria. Mereka dijerat pasal penistaan agama dan juga ujaran kebencian bernuansa SARA.

Baca Juga: Mengapa Holywings Pakai Nama 'Muhammad' dan 'Maria' untuk Promosi?

2. Ribut-ribut chef Juna dengan chef Davin dari Holywings

Chef Juna vs Chef Davin HolywingsChef Juna vs Chef Davin Holywings Foto: Instagram @junarorimpamdeyofficial / @bydonchino

Pada pertengahan Maret 2022, chef Juna dan chef Davin dari Holywings saling sindir di Instagram. Hal ini berawal dari chef Juna yang mengkritik masakan di Holywings melalui akun Instagramnya.

Chef Juna bahkan menulis kata 'disappointed' atau berarti 'mengecewakan' untuk menu Spicy Korean Cheese yang ia pesan. Ia juga mengatakan, "Then again, it's not a real restaurant (Lagian ini bukan restoran sungguhan)."

Melihat kritikan pedas ini, chef Davin tak terima. Ia sempat menyindir aksi chef Juna dengan melepehkan makanan hingga menantangnya duel di dapur.

Namun semua perseteruan ini rupanya hanya drama marketing. Tak lama setelahnya, Holywings memperkenalkan menu baru hasil kolaborasi bersama chef Juna. Dua menu 'seasonal' itu adalah Mexican Chicken wings dan Nasi Bebek Goreng Sulawesi yang mulai dipasarkan pada 27 Maret 2022.

Baca Juga: Heboh Chef Juna vs Chef Davin Holywings Ternyata Drama Marketing?

Baca halaman selanjutnya.



Simak Video "Holywings, Bukan Sekadar Klub Malam!"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT