ADVERTISEMENT

Barista Ungkap 5 Pesanan Minuman Terbaik dan Terburuk di Starbucks

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Senin, 27 Jun 2022 13:30 WIB
Barista Ungkap 5 Pesanan Minuman Terbaik dan Terburuk di Starbucks
Foto: Insider
Jakarta -

Barista ungkap pendapat mereka soal menu Starbucks yang terbaik dan terburuk untuk dipesan. Kriteria penilaian mereka adalah soal rasa yang layak dicicipi dan harga yang harus dibayar.

Starbucks adalah jaringan coffee shop global yang berasal dari Seattle, Amerika Serikat. Starbucks punya banyak menu kopi dan nonkopi yang tersedia dalam pilihan dingin maupun panas.

Tiap minuman seolah punya penggemarnya sendiri, namun barista profesional hadir mengungkap pendapatnya. Mereka membeberkan menu Starbucks terbaik dan terburuk untuk dipesan.

Ada apa saja ya? Berikut detikfood merangkumnya dari Insider (24/6):

1. Blonde Doubleshot dengan Es

Barista tersertifikasi Specialty Coffee Association sekaligus pemilik Buenos Beans, Juanma Garcia mengatakan Blonde Doubleshot dengan es cocok diminum saat cuaca panas.

Minuman ini terdiri dari 2 shots espresso yang dicampur sirup dan susu. Menurutnya rasa minuman ini tidak sepahit minuman kopi yang dibuat dengan biji kopi reguler lain di Starbucks yang pemanggangannya lebih gelap.

2. Caramel Macchiato

Barista Ungkap 5 Pesanan Minuman Terbaik dan Terburuk di StarbucksCaramel Macchiato jadi salah satu menu yang layak dipesan di Starbucks. Foto: Insider

Klasik tapi patut dicicipi adalah gambaran untuk menu Caramel Macchiato di Starbucks. Mantan barista Starbucks, Alexa Blay bahkan mengaku minuman ini adalah salah satu yang terbaik.

Cita rasa pahit dari espresso berpadu sempurna dengan cita rasa manis sirup vanilla dan saus karamel, katanya. Ia lebih merekomendasikan pesan Caramel Macchiato panas ketimbang dingin agar lelehan saus karamel tercecap lebih maksimal.

3. Coffee Frappuccino

Barista Ungkap 5 Pesanan Minuman Terbaik dan Terburuk di StarbucksCoffee Frappuccino jadi alternatif minuman es kopi yang lebih istimewa di Starbucks. Foto: Insider

Kalau bosan es kopi biasa, coba cicip Coffee Frappuccino. Menurut Blay ini seperti versi 'upgrade' dari es kopi. "Ada keseimbangan enak antara rasa manis dan rasa kopi," katanya.

Minuman ini dibuat dari kopi, krim, gula, dan es. Kamu bisa menyesuaikan rasa manisnya dari penggunaan sirup berperisa. Kalau lebih suka pahit, tambahkan 1 shot espresso.

4. Caffè Mocha

Menu Starbucks lain yang patut dipesan menurut Blay adalah Caffè Mocha. Minuman ini dibuat dengan espresso, saus mocha yang pahit manis, dan susu. Pelengkapnya, whipped cream manis.

Menurut Blay minuman ini layaknya hot chocolate versi dewasa karena ditambahkan kopi. Penambahan espresso inilah yang bisa menurunkan manisnya bahan tambahan lain pada Caffè Mocha.

5. Chai Latte

Barista Ungkap 5 Pesanan Minuman Terbaik dan Terburuk di StarbucksChai Late memiliki paduan rempah yang istimewa. Foto: Insider

Mantan barista Starbucks, Blay, juga merekomendasikan chai latte. Minuman berbahan susu, teh, dan aneka rempah ini disebutnya punya komposisi rempah yang pas dan tidak terlalu manis.

Kalau kamu suka lebih manis, cocoknya ditambahkan sirup vanilla. Minuman ini bisa dibuat vegan dengan mengganti susu sapi menjadi susu nabati layaknya almond atau kedelai.

Barista juga mengungkap 4 minuman yang menurut mereka tidak layak dipesan di Starbucks.

Baca halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT