Ukuran Makanan Terlalu Besar, Bolehkah Makan Pakai Dua Tangan dalam Islam?

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 24 Jun 2022 13:30 WIB
Hukum makan pakai dua tangan dalam Islam
Foto: iStock
Jakarta -

Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan untuk makan menggunakan tangan kanan. Namun jika ukuran makanan terlalu besar, bolehkan makan pakai dua tangan?

Ada beberapa hadis yang menunjukkan perintah makan menggunakan tangan kanan dan larangan menggunakan tangan kiri. Salah satunya ada hadis dari Ibnu Umar, yang artinya:

"Rasulullah bersabda: Jika kalian makan, maka hendaknya makan dengan tangan kanannya. Dan jika kalian minum maka hendaknya minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kiri," HR Muslim.

Baca Juga: Hukum Makan Buah dan Sayur yang Ada Ulat di Dalamnya

Dalam hadis tersebut ada perintah makan dan minum dengan tangan kanan. Dan celaan makan dan minum menggunakan tangan kiri, karena hal tersebut merupakan kebiasaan setan.

Hukum makan pakai dua tangan dalam IslamHukum makan pakai dua tangan dalam Islam Foto: iStock

Lantas bagaimana makan dengan dua tangan? Makan dua tangan maksudnya adalah kedua tangan baik kanan maupun kiri memegang makanan. Biasanya karena makannya terlalu besar.

Dikutip dari channel YouTube Yufid.TV - Pengajian & Ceramah Islam (28/04/19), maka dan minum dengan dua tangan tidak bisa disebut makan dengan tangan saja.

Selain itu, tidak juga disebut menyalahi hadis karena menggunakan tangan kiri. Jika dibutuhkan untuk menggunakan dua tangan maka hukumnya boleh.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Makan Tulang dalam Pandangan Islam?

Disebutkan bahwa ada beberapa hadis yang mengandung indikasi bolehnya minum dan makan menggunakan dua tangan, meskipun tidak berbunyi tegas.

Hukum makan pakai dua tangan dalam IslamHukum makan pakai dua tangan dalam Islam diperbolehkan Foto: iStock

"Bahwa Nabi SAW minum dengan memegang wadah besar atau bejana atau timba dari kuli, sehingga sangat sulit menggunakan satu tangan,".

Selain itu, hadis dari Abu Hurairah menyebutkan bahwa beliay pernah diberi satu bejana susu oleh Nabi SAW. Kemudian beliau diperintahkan untuk membagikan susu tersebut ke ahlus suffah.

Setelah diminum, kemudian Rasulullah SAW mengambil wadah itu, lalu diletakkan kedua tangan Abu Hurairah. Beliau kemudian memerintahkan Abu Hurairah untuk minum.

Jadi kesimpulannya adalah, hendaknya kita menggunakan tangan kanan ketika makan dan minum. Meskipun yang kita makna lebih dari satu misalnya seperti gorengan dan cabai.,

Jika wadahnya besar atau makannya yang besar dan sulit jika hanya satu tangan makan dibolehkan menggunakan dua tangan.

Baca Juga: Setelah Rendang Babi, Ada Juga Nasi Uduk Aceh Lauk Dendeng Babi



Simak Video "Asam Segar Gado-gado Bon Bin yang Sudah Ada Sejak 1960"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)