Lezatnya Kuliner Betawi

5 Soto Betawi Legendaris yang Lezatnya Bertahan 82 Tahun

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 23 Jun 2022 17:00 WIB
5 Soto Betawi Legendaris yang Lezatnya Bertahan 82 Tahun
Foto: Instagram
Jakarta -

Gurih hangat soto Betawi tidak pernah gagal mengobati rasa lapar. Terutama di beberapa warung soto Betawi legendaris ini, kelezatannya bahkan terjaga sejak 82 tahun silam.

Berbicara tentang kuliner Betawi belum lengkap rasanya jika melewatkan salah satu hidangan gurih hangat bernama soto Betawi. Irisan daging maupun jeroan sapi yang melimpah disiram dengan kuah susu atau santan membuat rasa Soto Betawi memiliki ciri khas gurih harum.

Soto Betawi ternyata sudah hadir sejak puluhan tahun silam, bahkan ada sebuah tempat makan Soto Betawi yang sudah beroperasi sejak 80 tahun silam. Kelezatan rasanya diakui oleh pelanggan setianya tidak pernah berubah bahkan hingga saat ini.

Menu Soto Betawi ini bisa menjadi rekomendasi menu makanan yang bisa disantap dalam berbagai kondisi. Saat cuaca dingin maupun ketika ingin sesuatu yang menyegarkan. Daftar tempat makan Soto Betawi legendaris ini patut untuk dipertimbangkan.

Berikut 5 rekomendasi soto Betawi legendaris yang lezatnya masih terjaga hingga lebih dari 80 tahun:

5 Soto Betawi Legendaris yang Lezatnya Bertahan 82 TahunGurih hangat Soto Betawi H. Ma'ruf sudah bertahan sejak 82 tahun silam. Foto: Instagram

1. Soto Betawi H. Ma'Ruf

Soto Betawi Haji Ma'ruf sudah mendulang popularitas sejak 82 tahun silam dan menjadi kegemaran para penikmat Soto Betawi. Kuahnya yang creamy dengan potongan daging dan jeroan yang besar-besar juga melimpah membuat Soto Betawi di kawasan Cikini ini tidak pernah gagal memuaskan pelanggannya.

Rasa aslinya yang selalu dijaga dengan resep turun temurun juga membuat Soto Betawi Haji Ma'Ruf tidak kehilangan kepercayaan dari para pelanggan setianya. Tidak hanya sekadar soto, di sini pelanggan yang ingin memesan menu berbeda juga bisa memilih laksa Betawi, ayam goreng dan berbagi makanan lainnya.

Harga yang dibanderol untuk soto Betawinya mulai dari Rp 42.000 saja. Jika ingin langsung membuktikan kelezatannya, kamu bisa mengunjungi lokasinya di Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No.73, Jakarta Pusat.

2. Soto Cawang

Lokasinya 'ngumpet' dan tersembunyi tidak banyak orang yang mengetahui Soto Cawang selain para pelanggan setianya. Berada di sebuah parkiran atau pool bus, soto ini ternyata sudah beroperasi sejak tahun 1952 silam.

Soto Betawi yang lokasinya tidak jauh dari Universitas Kristen Indonesia (UKI) menyajikan soto Betawi dengan racikan santan yang creamy. Bahkan hingga sekarang untuk menjaga aroma asli khas Soto Betawi, kuah santannya masih dimasak dengan kayu bakar.

Seporsi Soto Betawi dengan potongan daging yang melimpah di sini dibanderol dengan harga Rp 45.000, jika tidak ingin kehabisan pastikan untuk datang lebih awal. Lokasi Soto Cawang bisa disambangi di Jalan Mayor Jenderal Sutoyo No.3 dengan patokannya parkiran mobil dan bus sebelah UKI.

Rekomendasi tempat makan soto Betawi lainnya bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Soto Betawi Mpok Rodemah Enak Banget!"
[Gambas:Video 20detik]