ADVERTISEMENT

7 Tips Meracik Teh yang Enak Tanpa Gula, Gampang Dibuat

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 22 Jun 2022 05:00 WIB
7 Tips Meracik Teh yang Enak Tanpa Gula, Gampang Dibuat
Foto: Getty Images/iStockphoto/TreyMo

4. Tambahkan soda

Tips yang satu ini bukan berarti menganjurkan untuk mencampur teh dengan minuman bersoda kemasan. Soda yang dimaksud adalah menambahkan sparkling water atau air mineral berkarbonasi yang tanpa pemanis.

Biasanya racikan ini akan lebih cocok jika diterapkan pada es teh. Sensasi minum minuman bersoda yang menyenangkan bisa didapatkan tanpa harus mengonsumsi minuman kemasan yang tinggi gula.

5. Campur rempah-rempah

Teh tidak hanya bisa ditambahkan dengan pemanis buatan saja. Menambahkan rempah-rempah ke dalam teh juga dinilai dapat memberikan rasa yang lebih enak serta khasiat yang lebih baik dari komponen alami yang terdapat pada rempah.

Baik dibuat menjadi es teh maupun teh yang hangat, ada beberapa jenis rempah yang tersedia di dapur rumah bisa ditambahkan ke dalamnya. Misalnya seperti kayu manis bubuk, cengkeh atau parutan jahe untuk membuat teh terasa lebih hangat di tenggorokan.

7 Tips Meracik Teh yang Enak Tanpa Gula, Gampang DibuatBerkreasi dengan es batu juga membuat momen minum teh menjadi lebih menyenangkan dan rasanya lebih enak. Foto: Getty Images/iStockphoto/TreyMo

6. Buat es batu yang berbeda

Selain menambahkan bahan-bahan secara langsung, untuk membuat waktu minum teh menjadi lebih menyenangkan bisa dilakukan melalui penggunaan es batu untuk es teh. Es batu tidak hanya bisa dibuat dengan air mineral saja.

Beberapa ahli mixology menyarankan untuk membuat es batu dengan campuran potongan buah seperti strawberry, irisan lemon atau jeruk nipis atau beberapa lembar daun mint. Ketika es batu tersebut mencair, hasilnya akan tercipta rasa teh yang unik dengan pengalaman minum teh yang berbeda.

7. Tambahkan susu

Banyak orang yang menghindari konsumsi susu karena dinilai terlalu berlemak dan dikhawatirkan untuk kesehatan. Nyatanya, susu yang banyak dijual di pasaran saat ini menyediakan pilihan rendah lemak atau bahkan susu bebas lemak.

Menurut United State Department of Agriculture, menambahkan susu ke dalam segelas es teh dapat membuat minuman tersebut lebih kaya mineral seperti kalsium, fosfor hingga protein dan vitamin D yang baik untuk tubuh. Hanya saja perlu diingat untuk tidak menambahkannya secara berlebihan.


(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT