ADVERTISEMENT

7 Tips Meracik Teh yang Enak Tanpa Gula, Gampang Dibuat

Diah Afrilian - detikFood
Rabu, 22 Jun 2022 05:00 WIB
7 Tips Meracik Teh yang Enak Tanpa Gula, Gampang Dibuat
Foto: Getty Images/iStockphoto/TreyMo
Jakarta -

Beberapa orang kurang menyukai rasa teh yang cenderung sedikit pahit. Agar tetap membuatnya sehat dan tanpa gula, ternyata teh bisa diracik dengan tujuh bahan berikut.

Mirip seperti kopi, konsumsi teh juga cukup banyak dinikmati oleh orang dewasa. Baik pada saat pagi hari sebelum beraktivitas maupun ketika sore hari sambil bersantai.

Teh juga menjadi salah satu minuman yang dipercaya dan telah terbukti berkhasiat melalui kandungan antioksidannya yang baik untuk tubuh. Tetapi disebutkan juga oleh pakar kesehatan bahwa selama ini masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat menyeduh teh.

Salah satu yang paling sering dilakukan adalah ketika segelas teh ditambahkan gula atau pemanis lainnya. Ternyata ada beberapa bahan di dapur rumah yang dapat menggantikan gula saat meracik teh dan membuatnya tetap terasa enak.

Berikut ini 7 bahan alami untuk membuat teh terasa enak tanpa gula menurut Everyday Health (13/6):

7 Tips Meracik Teh yang Enak Tanpa Gula, Gampang DibuatMenambahkan parutan kulit jeruk dapat meberi rasa dan aroma yang lebih segar pada teh. Foto: Getty Images/iStockphoto/TreyMo

1. Kulit jeruk

Parutan kulit jeruk nipis atau lemon yang juga dikenal dengan istilah lemon zest ternyata tidak hanya dapat menambah aroma pada kue atau masakan saja. Ketika parutan jeruk ini ditambahkan ke dalam teh dapat menambahkan rasa sedikit asam dan pahit yang seimbang dengan aroma yang menyegarkan.

Tips ini disarankan terutama untuk kamu yang ingin menikmati teh sebagai minuman hangat untuk teman bersantai. Selain rasa dan aroma yang lebih enak, menambahkan parutan kulit jeruk ke dalam teh juga mampu menambahkan komponen antikanker dalam secangkir teh.

2. Campur dengan buah

Tidak kalah enak dengan racikan es teh di kafe yang dapat menggabungkan rasa buah dan teh, ternyata hal ini juga bisa dilakukan di rumah. Jika biasanya di kafe cenderung menggunakan sirup buah ketika di rumah kamu bisa membuatnya lebih alami.

Misalnya seperti racikan yang paling sederhana yaitu lemon tea. Di rumah kamu bisa membuat lemon tea dengan teh segar yang baru saja diseduh dengan ditambahkan perasan jeruk lemon maupun jeruk nipis yang lebih asam dan tentunya dengan kadar kalori yang jauh lebih rendah.

3. Tambah bahan herbal

Ahli mixology atau pencampuran minuman seringkali memberikan tips-tips untuk membuat minuman yang segar dan enak serta tetap sehat di rumah. Salah satunya adalah dengan menambahkan beberapa jenis herbal tertentu ke dalam minuman.

Secangkir teh bisa meningkat kelezatan dan kesegarannya jika dipadukan dengan beberapa jenis tanaman herbal. Misalnya secangkir teh yang hangat bisa dicampurkan dengan daun mint yang sebelumnya ditekan atau sedikit diremas untuk mengeluarkan rasa dan aroma daun mint.

Bahan alami yang bisa ditambahkan ke dalam teh untuk membuatnya terasa enak lainnya ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT