Rekomendasi Tempat Makan

Jokowi Ulang Tahun, 5 Kuliner Favoritnya di Solo Ini Wajib Dicoba

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 21 Jun 2022 11:00 WIB
Pengumuman reshuffle kabinet akan dilakukan siang ini, Rabu (15/6/2022) di Istana Negara, Jakarta. Berikut bocoran nama yang akan masuk dalam kabinet Jokowi.
Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr
Jakarta -

Ulang tahun ke-61, Presiden Joko Widodo punya banyak tempat kulineran enak di Solo dan sekitarnya. Tempat makan ini wajib disambangi.

Tanggal 21 Juni, merupakan hari ulang tahun Jokowi yang ke 61&. Sepanjang perjalanan hidupnya sosok presiden yang sederhana ini, sering membagikan beberapa tempat kulineran yang sudah menjadi langganannya.

Terutama ketika dirinya pulang ke kampung halaman di Solo. Rata-rata semua tempat makan kegemaran beliau, merupakan tempat makan legendaris yang sudah eksis sejak puluhan tahun lalu.

Mulai dari sate buntel dan sate kambing, sampai timlo yang populer.

Berikut lima rekomendasi kuliner enak langganan Presiden Jokowi di Solo.

Baca Juga: Ini Menu Favorit Presiden Jokowi Saat Makan di Warung Teras Tarakan" selengkapnya


1. Sate H. Bejo

Maknyus! Sate Buntel dan Tengkleng Rica Buatan Pak Manto Asli SoloMaknyus! Sate Buntel Solo Foto: detikcom/Diah Afrilian

Jauh sebelum menjabat sebagai presiden, Jokowi sudah jadi langganan di warung sate H Bejo. Warung sate yang berlokasi di Pasar Kliwon, Solo ini kerap disambangi Jokowi untuk menikmati sate kambing.

Ada dua pilihan olahan sate kambing di sini yakni sate daging biasa dan sate buntel. Keduanya diracik dengan menggunakan kambing muda sehingga teksturnya empuk dan tidak berbau prengus. Selain sate kambing, Jokowi juga gemar menyantap tengkleng kambing.

Saking doyannya dengan sate kambing dan sate buntel racikan H Bejo, Jokowi bahkan menjadikan warung sate ini sebagai rekomendasinya dalam video JKWKULINER edisi Solo yang ditayangkan lewat YouTube. Di video ini terekam sate favorit Jokowi yang disajikan dengan sambal kecap beserta irisan cabai, tomat dan kol.

2. Wedangan Pendopo

Tak kalah populer juga ada angkringan yang dikenal bernama Wedangan Pendopo di Solo. Ternyata ini merupakan angkringan langganan Presiden Joko Widodo. Angkringan ini sangat unik.

Di dalamnya dihiasi dengan berbagai pernak-pernik klasik. Seperti sepeda ontel, radio lawas, hiasan kepala hijang ditambah dengan lampu kuning remang-remang, sehingga suasananya seperi jaman dulu.

Di dalam angkringannya juga terdapat bakulan untuk menjajakan aneka menu. Salah satu menu yang menjadi andalan di sini adalah nasi sayur ndeso dan sayur lombok ijo.

3. Ayam Goreng Mbah Karto

Jokowi bersama keluarga makan ayam goreng Mbah Karto Tembel, Sukoharjo, (28/7/2019).Jokowi bersama keluarga makan ayam goreng Mbah Karto Tembel, Sukoharjo, (28/7/2019). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom

Nama Ayam Goreng Mbah Karto semakin populer usai cucu Jokowi, Jan Ethes mengaku doyan olahan ayam goreng di sini.

Ayam Goreng Mbah Karto berlokasi di Jl. Jaksa Agung Raya Suprapto No.8, Gabusan, Sukoharjo. Jokowi dan keluarga sudah sering mampir ke sini bahkan sebelum ia menjabat sebagai Walikota Solo.

Menu favoritnya adalah ayam goreng plus sambal blondo (sambal yang hitam). Racikan ayam goreng di sini nikmat karena menggunakan ayam kampung berusia 3 bulan.

Ayam lalu dibumbui bacem, bawang putih dan rempah, diungkep di atas api kayu bakar. Konon cara masak ini yang bikin ayam gorengnya sedap.



Simak Video "Bakso Semox Racikan Wanita Modis "
[Gambas:Video 20detik]