Lezatnya Kuliner Betawi

Dari Masakan Rumahan Saat Hajatan hingga Menu Restoran Kekinian

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 20 Jun 2022 18:30 WIB
Soto Betawi Senen Jaya
Foto: detikcom
Jakarta -

Tanggal 22 Juni Jakarta ulang tahun ke-495. Kekayaan kuliner Betawi ikut mewarnai budaya makan Jakarta. Dari masakan rumahan hingga kekinian, semuanya lezat.

Setelah dua tahun lebih perayaan HUT Jakarta dirayakan secara sederhana karena pandemi Corona. Tahun ini peryaaan ulang tahun di Ibu Kota lebih semarak, dengan hadirnya berbagai acara yang mengangkat budaya hingga kuliner Betawi.

Membicarakan kuliner Betawi, tentunya ragam hidangan tradisional ini memiliki garis sejarahnya sendiri. Tak hanya berfokus di kota Jakarta saja. Jejak kuliner Betawi bahkan bisa ditemukan di daerah Bekasi hingga Tangerang.

Dilansir dari situs resmi Kebudayaan Betawi (20/06), etnis Betawi terbentuk dari proses akulturasi yang sangat panjang. Perpaduan budaya Melayu, Jawa, hingga Bugis melebur menjadi suku Betawi yang dikenal dengan keragamannya.

Baca Juga: 10 Resep Masakan Betawi Rumahan yang Enaknya Bikin Ketagihan" selengkapnya


Tak hanya dipengaruhi oleh budaya kuliner dari suku di Indonesia. Makanan Betawi tak lepas dari asimilasi budaya kuliner China, Arab sampai India.

30 Masakan Betawi Kelas Bintang Lima Bisa Dinikmati di SiniPedagang Kerak Telor Foto: detikFood

Perpaduan pengaruh kuliner ini bisa ditemukan di sajian Gabus Pucung misalnya. Sajian ikan gaya Betawi ini, menggunakan kluwek sebagai bahan dasarnya, warnanya hitam pekat seperti rawon khas Jawa.

Kemudian ada sajian pecak. Pecak ini merupakan silang kuliner antara Sunda dan Betawi. Warung makan Pecak banyak ditemukan di daerah Depok, Bekasi, hingga Tangerang yang berada di Jawa Barat.

Lalu di bagian kue ada Putu Mayang. Kue tradisional Betawi ini disebut pertama kali dikenalkan oleh pedagang dari India Selatan ke negara Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Bahan utamanya ada tepung beras hingga gula merah, yang gampang diadaptasi oleh suku Betawi saat itu.

Uniknya makanan Betawi rumahan yang hadir sebagai menu harian keluarga atau sajian istimewa saat hajatan dan kawinan tetap lestari. Masih bisa dinikmati di rumah ataupun di rumah makan dan restoran Betawi yang banyak bermunculan.

30 Masakan Betawi Kelas Bintang Lima Bisa Dinikmati di SiniGabus Pucung khas Betawi Foto: detikFood

Memeriahkan ulang tahun Jakarta, detikFood akan membahas tuntas kuliner Betawi. Makanan Betawi apa saja yang paling populer, digemari, sampai makanan Betawi yang mulai langka.

Tak ketinggalan rekomendasi berbagai tempat makan khas Betawi yang pastinya menarik untuk dijadikan alternatif pilihan tempat makan.

Seperti mengunjungi lima tempat soto Betawi paling legendaris di Jakarta, yang sudah berjualan puluhan tahun, dan selalu habis terjual dalam hitungan jam.

Tak ketinggalan mampir ke warung makan khas Betawi, yang punya menu gabus pucung hingga ikan pecak gurame yang enak dengan sambal segar.

Ada juga rekomendasi jajanan Betawi tempo dulu yang hadir arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) tahun ini. Seperti gulali, dodol Betawi hingga kerak telor yang ikonik.

Untuk itu pantau terus semua artikel menarik seputar kuliner Betawi di detikFood minggu ini.

Baca Juga: Ini Kelezatan Soto Betawi Senen Jaya yang Kondang Sejak 1974" selengkapnya



Simak Video "Menikmati Kelezatan Aneka Kuliner Khas Betawi di Depok"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)