Gegara Kena Biaya Rp 500 Ribu, Netizen Batal Potong Kue Ultah di Restoran

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Senin, 20 Jun 2022 13:30 WIB
Ini Fakta Tradisi Tiup Lilin dan Potong Kue Ulang Tahun yang Populer di Dunia
Foto: iStock
Jakarta -

Berniat merayakan ulang tahun di restoran mewah, netizen ini berujung kaget. Ia tak tahu ada biaya tambahan hingga Rp 500 ribu karena membawa kue ulang tahun dari luar! Begini kisahnya.

Perayaan ulang tahun yang seharusnya penuh suka cita dan kemeriahan berubah jadi mengecewakan lantaran kejadian tak terduga. Pria bernama Roy di Singapura membagikan ceritanya.

Mengutip Stomp (17/6), ia dan teman-temannya membuat reservasi untuk 5 orang di Le Jardin, restoran Prancis mewah yang berlokasi di Fort Canning Park. Mereka makan malam pada Senin, 14 Juni 2022 sekitar pukul 19.30.

Mereka juga membawa kue untuk memeriahkan acara ulang tahun, namun Roy dan rombongan kecewa karena pihak restoran memberitahu aturan mereka. Tak boleh ada makanan dan minuman yang dibawa dari luar.

Ada biaya SGD 50 atau sekitar Rp 533 ribu jika mereka melakukannya. Aturan ini juga berlaku untuk kue ulang tahun yang mereka bawa.

Baca Juga: Potong Kue Ultah di Restoran Pizza Ini Harus Bayar Rp. 160 Ribu

Gegara Kena Biaya Rp 500 Ribu, Netizen Batal Potong Kue Ultah di RestoranLe Jardin, restoran di Singapura yang menarifkan biaya untuk pengunjung yang bawa kue dari luar. Foto: Stomp

Roy bilang, "Le Jardin tidak mengizinkan kami membawa kue untuk perayaan ulang tahun. Mereka mengklaim bahwa tidak ada makanan dari luar yang diizinkan dan banyak restoran di Singapura juga seperti itu."

Ia sempat berdiskusi dengan pihak restoran. "Mereka akhirnya bilang bisa mengizinkan kami makan kue di restoran tetapi biaya $50 akan ditambahkan karena mereka menganggap ini sebagai acara," lanjut Roy.

Biaya itu kemudian berkurang jadi $20 (Rp 213 ribu) karena kue yang dibawa kecil. Terlanjur kecewa, Roy dan teman-temannya meninggalkan Le Jardin. Mereka akhirnya makan di restoran terdekat lainnya di Clarke Quay.

Roy menekankan dirinya memahami kebijakan restoran, tetapi bertanya-tanya mengapa pengunjung tidak diberitahu sebelumnya tentang biaya tambahan.

"Kami menghormati aturan restoran. Namun, saat kami membuat reservasi, kami telah memberi tahu staf bahwa itu adalah perayaan ulang tahun," ujarnya.

Roy mengatakan pihak restoran bahkan sampai menelepon dua kali untuk mengkonfirmasi reservasi. Ia juga selalu bilang kalau reservasi itu untuk acara ulang tahun.

Namun Roy kecewa tak ada yang memberi tahu aturan bawa kue dari luar. "Siapa yang tidak membawa kue untuk perayaan ulang tahun? Dan mengapa mematok biaya tambahan $50 untuk mengklaim bahwa kita ada di sini untuk sebuah acara?" tanyanya heran.

Ia berharap manajemen Le Jardin meninjau aturan dan peraturan mereka. "Hanya karena kue ulang tahun yang tidak menghabiskan biaya satu sen pun, restoran kehilangan pendapatan mungkin $300 dari kelompok yang terdiri dari lima orang. Semoga berhasil bertahan melalui masa-masa sulit ini," kata Roy.

Baca Juga: Terulang Lagi! Wanita Ini Harus Bayar Biaya Tambahan saat Makan di Warung Lesehan

Gegara Kena Biaya Rp 500 Ribu, Netizen Batal Potong Kue Ultah di RestoranPernyataan pihak Le Jardin soal larangan bawa kue ulang tahun dari luar. Foto: Stomp

Pihak Le Jardin lantas angkat bicara mengenai ini. Lewat jawaban atas ulasan buruknya di Google, mereka bilang biaya tambahan yang dikenakan dimaksudkan sebagai biaya membeli kue dari pihak mereka.

Le Jardin juga mengklarifikasi kalau Roy sebelumnya telah pesan kue Lavender Earl Grey saat reservasi, namun tidak jadi. Sebagai solusi, pihak mereka mengatakan agar kue itu bisa dibeli, lalu mereka bakal mengizinkan Roy untuk makan kue yang dibawanya sendiri.

"Meskipun demikian, kami menyesal mendengar pengalaman buruk Anda dan akan senang menyambut Anda kembali dengan kue dari tim kami sendiri. Semoga hari Anda menyenangkan," tutup pihak Le Jardin.

Perlu diketahui, banyak restoran memiliki kebijakan serupa Le Jardin, terutama restoran-restoran kelas atas. Supaya tidak terjadi kesalahpahaman, sebaiknya kamu menanyakan kebijakan ini saat reservasi.

Pastikan jika mereka membolehkan ada dibawa dari luar, dikenakan biaya atau tidak? Sebagai solusi, kamu juga bisa bertanya apakah mereka menyediakan pilihan kue untuk perayaan itu?

Baca Juga: Mau Bawa Kue Ultah ke Restoran, Pria Ini Dikenai Biaya Rp 180 Ribu Tiap Orang



Simak Video "Unik Banget! Ada Kue Ultah dengan Saus Telur Asin"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)