Cafe Owners Simak! Ini Cara agar Banyak Pelanggan Betah Nongkrong

Cafe Owners Simak! Ini Cara agar Banyak Pelanggan Betah Nongkrong

Atta Kharisma - detikFood
Senin, 20 Jun 2022 08:30 WIB
Ilustrasi pelanggan kafe
Foto: dok. Biznet
Jakarta -

Ada sejumlah pergeseran gaya hidup dan tren dari generasi muda saat ini. Mayoritas dari mereka memilih kafe untuk melakukan berbagai aktivitas, mulai dari tempat hangout bersama teman, tempat belajar, sampai menjadi tempat mereka bekerja.

Dahulu aktivitas pengunjung di kafe memang hanya terbatas pada kegiatan makan dan minum. Sebaliknya, sekarang orang-orang justru menjadikan kafe sebagai tempat untuk bekerja yang sering kita dengar dengan istilah work from cafe.

Fenomena di atas merupakan gambaran nyata betapa industri kafe masa kini telah mengalami perubahan yang cukup signifikan, khususnya terkait pola konsumsi generasi muda. Bagi generasi muda masa kini, 'nongkrong' di kafe telah menjadi suatu budaya populer. Mereka tidak hanya membeli makanan dan minuman tapi juga membeli nilai-nilai prestise dari budaya 'ngafe' tersebut.

Ilustrasi pelanggan kafeIlustrasi pelanggan kafe Foto: dok. Biznet

Karena itu, banyak kafe yang mulai menawarkan kualitas pelayanan demi menarik pelanggan untuk datang berkunjung. Nah, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik kafe agar pelanggan nyaman untuk nongkrong:

1. Desain dan Suasana Kafe

Industri kafe saat ini tidak lagi bisa berfokus pada menu makanan saja, tapi juga keseluruhan suasana dan penampilan harus Instagramable, termasuk estetika gedung atau bangunan kafe. Hal ini tentunya akan membuat para pengunjung semakin merasa nyaman dan betah berada di kafe.

2. Tampilan Menu dan Hidangan yang Estetik

Estetika hidangan tidak kalah pentingnya dengan cita rasa yang lezat. Hal ini berkaitan dengan pola perilaku pengunjung yang senang membagikan kegiatan atau momen melalui media sosial.

Tampilan hidangan yang estetik menjadi daya tarik tersendiri yang akan mendorong para pengunjung untuk mengunggah ke sosial media. Jadi, pengunjung secara tidak langsung ikut membantu memasarkan sehingga kafe mendapatkan promosi secara gratis.

3. Adanya Fasilitas Pendukung Seperti WiFi Terbaik

Suasana yang nyaman tak hanya muncul dari estetika ruangan dan bangunan kafe saja. Selain sentuhan lagu untuk mendukung suasana, kafe juga bisa menyediakan layanan lain seperti WiFi cepat secara gratis agar pelanggan semakin betah untuk nongkrong.

Baca halaman berikutnya kenapa fasilitas Internet WiFi menjadi sangat penting?