ADVERTISEMENT

Menang Lelang Kedai, Ibu Ini Tak Sengaja Jadi Pedagang Kue

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 17 Jun 2022 15:30 WIB
Menang Lelang Kedai, Ibu Ini Tak Sengaja Jadi Pedagang Kue
Foto: 8 Days
Jakarta -

Berawal dari salah tulis, seorang ibu rumah tangga (IRT) ini menang lelang sebuah kedai. Kejadian tak sengaja ini sukses membuat dirinya kini jadi penjual kue appam.

Di tengah penjual hawker centre yang didominasi oleh imigran India, ada seorang warga keturunan Vietnam yang 'nyempil' di Maxwell Food Centre, Singapura. Ternyata perempuan ini merupakan seorang ibu rumah tangga (IRT) yang secara tidak sengaja 'terjebak' sebagai penjual makanan kaki lima.

Kedai ini menjajakan kue appam, kue khas India yang melalui proses fermentasi. Nguyen Thi Kieu Hanh selaku pemilik kedai mengaku awalnya ia tidak berniat menjalani bisnis kedai kue appam tersebut.

Ibu dua anak ini menceritakan pengalaman unik yang ternyata membawanya kepada kesuksesan sebagai pemilik kedai makanan kaki lima. Tidak memiliki latar belakang sebagai pembuat kue sebelumnya, Nguyen menjelaskan awal mula bisnisnya yang unik ini.

Menang Lelang Kedai, Ibu Ini Tak Sengaja Jadi Pedagang KueSeorang ibu rumah tangga tak sengaja menjadi penjual kue setelah menang lelang kedai. Foto: 8 Days

Mengutip 8 Days (16/6) Nguyen baru mengelola kedai Mr. Appam sejak akhir Desember 2021. Wanita 45 tahun ini mengatakan belum pernah mencicipi satu pun kue appam sebelum dirinya menjalani bisnis kuliner kaki lima yang kini dikelolanya.

Nguyen kini bahkan menjalani bisnisnya sendirian dengan menggunakan resep klasik kue appam yang terbuat dari ekstrak daun pandan, parutan kelapa dan sedikit tambahan topping berupa telur dan keju. Nguyen memang berencana ingin menjajakan hidangan khas Vietnam seperti pho dan spring rolls dan saat itu dirinya sedang mencari kedai yang cocok untuk rencana bisnis kulinernya.

Nguyen yang tidak paham tentang pelelangan kedai di kawasan pusat kuliner Maxwell Food Centre, secara tidak sengaja memenangi lelang sebuah kedai makanan India yang menjual kue appam ini. Ternyata Nguyen baru tahu kalau bisnis yang didapatkannya itu tidak bisa diubah menunya sehingga ia harus tetap berjualan kue appam.

"Aku menyadari kedainya tidak bisa menjadi makanan Vietnam atau Chinese food, hanya makanan India. Aku tidak tahu apa yang harus dijual. Temanku yang merupakan orang India, Francis, mengatakan bahwa aku mungkin bisa menjual appam. Aku pikir itu ide yang bagus karena banyak sekali orang-orang yang sudah menjual kari dan hidangan nasi di sini," ungkap Nguyen.

Menang Lelang Kedai, Ibu Ini Tak Sengaja Jadi Pedagang KueMenjual kue appam, dirinya yang tak pernah makan kue ini tidak menyangka bisa sukses. Foto: 8 Days

Dibantu oleh Francis, Nguyen mendalami pembuatan kue appam. Mulai dari meminta resep dari orang tua Francis hingga keduanya berkonsultasi dengan seorang chef profesional. Nguyen bahkan melakukan uji coba resep appam buatannya.

Tidak main-main, resepnya ini langsung dicicipi dan dinilai oleh chef yang menjadi sosok penolong Nguyen untuk berkonsultasi. Setelah perjalanan yang panjang, Nguyen akhirnya berhasil menemukan resep yang tepat bahkan sampai diberikan cara menghitung biaya dan harga jual sampai tips membeli bahan-bahan terbaik dari chef konsultannya.

Perlahan tapi pasti, Nguyen mengembangkan resep kue appamnya sampai kini dirinya berhasil membuat beberapa variasi kue appam. Dijual mulai dari harga Rp 30 ribuan, ternyata kue appma buatan Nguyen laris dan diburu banyak pelanggan India maupun keturunan China.

Nguyen tidak menyangka bahwa kerja keras yang dimulai dari sebuah kesalahan justru mengantarkannya kepada kesuksesan. Bahkan pada hari-hari sibuk dan akhir pekan, Nguyen mengaku bisa menjual lebih dari 100 buah kue appam per hari!



Simak Video "Masak Masak: Yuk Bikin Kerang Batik Asam Manis"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT