ADVERTISEMENT

7 Orang Makan Seafood Ditagih Rp 2,4 Juta Protes, Ini Kata Pemilik Restoran

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 16 Jun 2022 13:30 WIB
7 Orang Makan Seafood Ditagih Rp 2,4 Juta Protes, Ini Kata Pemilik Restoran
Foto: Facebook/AsiaOne
Jakarta -

Pengunjung restoran makan seafood bertujuh ditagih Rp 2.4 juta. Ia protes kemahalan. Ini penjelasan pemilik restoran soal tagihan itu.

Semenjak fenomena ketok harga sedang ramai diperbincangkan. Banyak orang yang merasa menjadi korban ketok harga, ketika mereka merasa bahwa harga makanan yang disantap tak sebanding dengan yang disajikan.

Seperti curhatan seorang pengguna Facebook asal Malaysia bernama Peter Ken. Dilansir dari AsiaOne (16/06), Peter menceritakan pengalamannya makan di restoran GS Steam Hot Pot Seafood, di Penang.

Ia datang bersama enam temannya, jadi total ada tujuh orang yang makan di sana. Mereka memesan beberapa sajian seafood untuk makan malamnya.

Salah satunya mereka memesan udang mantis ukuran besar seharga SGD 95 (Rp 1 juta). Ia juga memesan menu Set B, isinya ada udang, bakso ikan dan aneka sayuran seharga SGD 88 (Rp 933.000).

Baca Juga: Bikin Kapok! Ketok Harga di Warung Makan hingga Restoran Ini Jadi Viral" selengkapnya

7 Orang Makan Seafood Ditagih Rp 2,4 Juta Protes, Ini Kata Pemilik Restoran7 Orang Makan Seafood Ditagih Rp 2,4 Juta Protes, Ini Kata Pemilik Restoran Foto: Facebook/AsiaOne

Lalu mereka lanjut memesan tujuh buah scallop atau kerang dengan harga SGD 18 (Rp 191.000) , dan minuman yang totalnya SGD 11 (Rp 116.000).

Mereka juga dikenakan biaya tambahan sekitar SGD 8 (Rp 84.000) untuk ikan goreng dan sajian pelengkap. Totalnya tagihan mereka mencapai RM 720 (SGD 230) atau jika dirupiahkan sekitar Rp 2,4 juta.

Harga ini disebut Peter tidak masuk akal dan terlalu mahal. Sampai ia komplain di Facebook, dan curhatannya ini jadi viral.

Beberapa komentar menjadi pro dan kontra. Ada yang beranggapan bahwa harga makanan di sana memang mahal, tapi ada juga yang berpikir bahwa wajar, karena yang disajikan memang seafood segar.

Baca Juga: Getok Harga Lagi! Makan di Warung Seafood Ditagih Hampir Rp 1 Juta" selengkapnya


Menanggapi kabar ini, perwakilan dari GS Steam Hot Pot Seafood menyampaikan pernyataan mereka. Menurut mereka, Peter dan teman-temannya memesan udang mantis yang beratnya mencapai 1,25 kg. Harga ini dibilang lebih murah dibandingkan harga di restoran lainnya.

"Udang mantis yang kita jual sudah sangat murah. Bahkan banyak pengunjung yang jadi langganan, karena menurut mereka harga makanan kita sangat murah," bela pihak restoran.

7 Orang Makan Seafood Ditagih Rp 2,4 Juta Protes, Ini Kata Pemilik Restoran7 Orang Makan Seafood Ditagih Rp 2,4 Juta Protes, Ini Kata Pemilik Restoran Foto: Facebook/AsiaOne

Pihak restoran menyebut bahwa kemungkinan Peter dan teman-temannya tidak tahu harga udang mantis di pasaran. Sementara untuk menu lainnya, pihak restoran sudah mencantumkan semua harga makanan dengan jelas di buku menu, jadi tidak membohongi pengunjung sama sekali.

Pihak restoran menyebut bahwa Peter tidak mengunggah keseluruhan kronologinya, ketika komplain di media sosial.

"Mereka juga memesan dua kepiting bunga, tapi saya lupa memasukkan harganya di dalam tagihan. Lalu semua minuman juga disajikan dalam pitcher (teko air) bukan dalam gelas," pungkas pihak restoran GS Steam Hot Pot Seafood.

Peter bukan lah satu-satunya orang yang komplain tentang tagihan makanannya di media sosial. Beberapa waktu lalu ada netizen asal Malaysia yang komplain, setelah makan di restoran dan memesan ikan kakap putih. Tapi tagihannya mencapai Rp 4,1 juta.

Baca Juga: Ketok Harga Ikan Rp 4,1 Juta, Ini 5 Kejadian Ketok Harga di Restoran Seafood yang Heboh" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Udang Cah Pete dan Cumi Saos Padang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT