ADVERTISEMENT

5 Kejadian Penistaan Makanan Ini Bikin Heboh dan Geram Masyarakat

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 13 Jun 2022 11:30 WIB
5 Kejadian Penistaan Makanan Ini Bikin Heboh dan Geram Masyarakat
Foto: Getty Images/iStockphoto/Mindstyle
Jakarta -

Tidak sedikit inovasi sebuah menu makanan berujung dinilai sebagai penistaan. Salah satunya yang baru saja heboh disoroti terkait Nasi Padang nonhalal.

Terinspirasi dari makanan yang sudah ada, banyak orang yang berupa ingin membuat sebuah inovasi baru yang lebih segar. Berusaha untuk tampil beda, tidak sedikit beberapa makanan yang ditambahkan dengan bahan-bahan yang tidak biasanya untuk disatukan.

Penyajiannya yang berbeda dengan bentuk makanan yang seharusnya seringkali dipandang sebagai sesuatu yang aneh terutama bagi sebuah budaya yang menjadi asal dari kuliner tersebut. Hingga sebagian dari inovasi ini bahkan dinilai sebagai penistaan makanan yang tidak bisa dimaafkan.

Baru-baru ini kejadian sebuah kejadian penistaan makanan tengah begitu heboh disoroti. Hal ini lantaran bukan hanya penistaan terhadap perpaduannya saja tetapi dinilai sebagai penistaan terhadap budaya Minang.

Berikut ini 5 kejadian penistaan makanan yang sempat heboh dan bikin banyak orang geram:

5 Kejadian Penistaan Makanan Ini Bikin Heboh dan Geram MasyarakatVarian Hawaiian Pizza dengan topping nanas yang dikecam masyarakat Italia. Foto: Getty Images/iStockphoto/Mindstyle

1. Hawaiian pizza

Hidangan yang menggunakan roti berbentuk bulat dengan berbagai variasi topping dikenal sebagai pizza yang menjadi makanan khas Italia. Di Italia, pizza seolah menjadi hidangan tradisional yang selalu dibanggakan.

Perjalanan yang begitu panjang dilalui oleh sebuah hidangan bernama pizza. Mulai dari makanan untuk masyarakat menengah ke bawah hingga kini kelezatannya begitu populer dan digemari seluruh masyarakat di dunia.

Sayangnya ada varian Hawaiian Pizza yang dikreasikan oleh orang Hawaii. Penggunaan topping potongan nanas segarternyata membuat gaduh dan kesal masyarakat Italia. Bahkan banyak masyarakat Italia yang sampai mengutuk pizza dengan topping nanas tersebut.

2. Nasi Padang Nonhalal

Nasi Padang seolah menjadi hidangan yang begitu melekat di lidah orang Indonesia. Nasi putih hangat dengan berbagai lauk pauk dan siraman kuah gulai membuat banyak orang begitu mencintai rasa nasi Padang.

Baru-baru ini ditemukan sebuah restoran online bernama Babiambo yang membuat gaduh setelah salah satu menu yang ditawarkan adalah nasi Padang nonhalal dengan menggunakan daging babi. Menunya ini dinilai sebagai salah satu yang menyalahi budaya Minang yang memegang teguh adab Syara' basandi Kitabullah atau yang artinya adat bersendi syariat dan syariat bersendi kitab Allah SWT.

Pemiliknya bahkan sempat dilaporkan ke pihak berwajib dan diinvestigasi. Hasilnya bisnis ini sebenarnya sudah tutup sejak lama dan hanya sempat beroperasi selama tiga bulan pada tahun 2020 lalu.

Penistaan makanan yang ramai diperbincangkan dan bikin marah banyak orang bisa dilihat pada halaman berikutnya.



Simak Video "5 Fakta Nasi Padang Babi yang Viral di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT