ADVERTISEMENT

Adem! Makan dengan Pemandangan Sawah di Saung Kabogoh Karawang

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 12 Jun 2022 13:00 WIB
Rumah Makan Saung Kabogoh
Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Restoran Sunda di Karawang ini menawarkan sensasi makan sambil duduk lesehan di tengah hamparan sawah. Ada menu nasi liwet dengan enam jenis sambal.

Berkunjung ke Karawang, Jawa Barat bisa mampir ke restoran Sunda yang satu ini. Bernama Rumah Makan Saung Kabogoh yang berlokasi di Jalan Siliwangi, Karawang Wetan.

Sesuai dengan namanya, restoran ini dibangun dengan gubuk-gubuk yang berada di tengah hamparan sawah. Kepada detikcom (29/05) Enjang Otib selaku manager restoran mengatakan bahwa restorannya ini mengusung konsep restoran keluarga.

"Restoran keluarga dengan konsep masakan Sunda. Memberikan ruang untuk ngumpul sambal santai menikmati makanan, lihat sawah-sawah supaya semakin mempererat hubungan," ujar Enjang.

Rumah Makan Saung KabogohEnjang Otib, manager Rumah Makan Saung Kabogoh Foto: detikcom/Riska Fitria

Baca Juga: Lewat Karawang, Mampir Dulu Makan Soto Tangkar dan Sorabi Kuntilanak Legendaris

Selain itu, di dalam Saung Kabogoh juga terdapat kolam ikan khas restoran Sunda. Enjang menyebutkan bahwa Saung Kabogoh ini baru berdiri pada November 2020.

Ada banyak masakan Sunda yang ditawarkan di sini. Salah satu menu yang jadi andalan adalah nasi liwet (Rp 22.000). Nasi liwetnya disajikan dalam kastrol dan pas dinikmati sampai 4 orang.

Nasi liwetnya harum, karena dicampur daun salam, serai, cabai merah dan bawang merah. Enjang mengatakan bahwa dalam sehari Saung Kabogoh bisa menghabiskan 100 kastrol nasi liwet.

Untuk lauknya kamu bisa pesan ayam bakar (Rp 70.000) yang disajikan satu ekor utuh. Jenis ayamnya menggunakan ayam kampung, sehingga teksturnya empuk dan bumbu bakarnya meresap.

Rumah Makan Saung KabogohNasi liwet yang ditawarkan di Rumah Makan Saung Kabogoh Foto: detikcom/Riska Fitria

Baca Juga: Gurihnya Soto Tangkar Mang Nean yang Kondang Sejak 42 Tahun Lalu

"Ayamnya kan kita ungkep dulu biar bumbunya meresap. Abis itu pas dibakar juga dikasih bumbu bakar lagi," ujar Enjang.

Lebih lanjut, Enjang mengatakan bahwa ia selalu ingin menawarkan menu baru setiap bulannya agar pengunjung tidak bosan. Kali ini ia mengeluarkan menu Gurame Kecombrang (Rp 87.000).

Ikan guramenya besar, bisa dimakan untuk 3-4 orang. Ikan gurame goreng itu kemudian disajikan dengan bumbu asam manis dan diatasnya ditaburi bumbu kecombrang yang melimpah.

Rumah Makan Saung KabogohMenu Gurame Kecombrang di Rumah Makan Saung Kabogoh Foto: detikcom/Riska Fitria

Aroma kecombrang langsung tercium begitu menu ini disajikan. Penambahan kecombrangnya pun memberikan rasa tersendiri pada racikan gurame yang gurih, asam dan manis.

Selain itu, masih ada beberapa menu lezat lainnya mulai dari tumis kangkung, cumi, ikan nila, udang hingga bebek. Yang menarik lagi, Saung Kabogoh juga memiliki enam jenis sambal nusantara.

Mulai dari sambal mentah, sambal limo, sambal cibiuk, sambal pecak, sambal kecap, sambal terasi lengkap dengan lalapan segarnya. Semua jenis sambal itu cocok dinikmati dengan aneka lauk di sini.

Nah bagi kamu yang ingin mampir, restoran ini buka setiap hari. Mulai dari pukul 10.00 - 22.00.

Baca Juga: Mampir Karawang Bisa Sarapan Tahu Bumbu di Warung Mang Edo



Simak Video "Bikin Laper: Rekomendasi Restoran Gaya Sunda untuk Tahun Baruan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT