ADVERTISEMENT

Manis Legit! Sorabi Hijau Kuntilanak yang Legendaris di Karawang

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 11 Jun 2022 17:30 WIB
Raja Sorabi Hijau M Kasim
Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Karawang memiliki kuliner khas berupa sorabi hijau. Di gerai ini kamu bisa mencicipi racikan sorabi legendaris yang dijuluki sorabi kuntilanak.

Serabi, surabi atau sorabi adalah jajanan pasar khas Indonesia. Setiap daerah di Indonesia bahkan memiliki racikan tersendiri, seperti di Karawang, Jawa Barat misalnya yang dikenal dengan sorabi hijau.

Sorabi hijau ini biasanya dijadikan oleh-oleh khas Karawang. Ketika melipir ke Karawang kamu akan menemukan banyak penjual sorabi hijau, salah satu yang legendaris ada di daerah Rengasdengklok.

Raja Sorabi Hijau M KasimM Kasim, pemilik Raja Sorabi Hijau M Kasim Foto: detikcom/Riska Fitria

Gerai tersebut dikenal bernama Raja Sorabi Hijau yang sudah berdiri lama. Kepada detikcom (31/05) M Kasim selaku pemilik Raja Sorabi Hijau mengatakan bahwa usahanya tersebut sudah berdiri sejak tahun 1995.

Baca Juga: Lewat Karawang, Mampir Dulu Makan Soto Tangkar dan Sorabi Kuntilanak Legendaris

Konon, gerai tersebut merupakan gerai Sorabi Hijau yang pertama di Karawang. Ada cerita panjang di balik kelezatan dan kelembutan sorabi hijau milik M Kasim.

1. Dapat Resep dari Tetangga yang Berdarah China

Raja Sorabi Hijau M KasimResep sorabi hijau didapatkan oleh M Kasim dari tetangganya yang berdarah China Foto: detikcom/Riska Fitria

Kasim menjelaskan bahwa sebelum berjualan sorabi, ia sempat mencoba beberapa usaha makanan lainnya. Mulai dari bubur, mie ayam, nasi goreng hingga ketupat.

Awal dirinya berjualan sorabi hijau ini ketika mendapat resep dari tetangganya yang keturunan China. Encek, begitu sapaannya saat itu selalu meminta bantuan kepada Kasim.

"Bapak saya dulu jualan ketupat di depan toko Encek. Terus saya suka disuruh-suruh sama Encek. Sampai suatu waktu dia ngajakin bikin sorabi hijau," ujar Kasim.

Pepatah yang menyebutkan 'Kejarlah ilmu sampai negeri China' agaknya tepat untuk menggambarkan perjalanan M Kasim dalam menjalani usaha sorabi hijau.

Baca Juga: Gurihnya Soto Tangkar Mang Nean yang Kondang Sejak 42 Tahun Lalu



Simak Video "Restoran China di Hotel Karawang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT