Sambalnya Bikin Nagih, 5 Warung Ayam Penyet Ini Racikan Sambalnya Juara

ADVERTISEMENT

Sambal Setan Super Pedas

Sambalnya Bikin Nagih, 5 Warung Ayam Penyet Ini Racikan Sambalnya Juara

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 11 Jun 2022 12:01 WIB
Ayam Penyet Cabe Ijo Aa Sipit Viral di Grand Indonesia. Sehari Bisa Habiskan 50 Kg Cabai Rawit Hijau dan 1.000 Potong Ayam.
Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari
Jakarta -

Ayam penyet sudah jadi makanan sejuta umat yang digemari orang Indonesia. Ciri khasnya terletak pada sambalnya yang enak dan pedas. Beberapa warung makan ini punya sambal penyet enak.

Berbeda dengan ayam geprek yang serupa. Ayam penyet memiliki ciri khas, paduan ayam goreng yang dipenyet dengan sambal ulek hingga bagian sambal meresap ke permukaan ayam goreng. Cita rasa sambal pada sajian ayam penyet ini memang yang utama.

Nah, kalau sedang ngidam ingin makan ayam penyet, dengan sambal pedas yang dijamin enak dan bikin nagih rasanya. Di Jakarta dan sekitarnya, ada beberapa warung makan hingga restoran yang memang terkenal dengan menu ayam penyet sambal pedasnya.

Berikut lima rekomendasi tempat makan ayam penyet dengan sambalnya yang juara.

Baca Juga: Waroeng Tiki Taka: Gigitan Pedas Sambal Terasi Pelengkap Ayam Goreng"

1. Warung Bu Kris

Ayam Penyet ala Jawa TimurAyam Penyet ala Jawa Timur Foto: iStock

Sekitar jalan Fatmawati punya banyak kuliner yang enak. Dekat dengan Stasiun MRT Fatmawati, Warung Bu Kris yang legendaris karena aneka menu penyetannya juga tak kalah menarik untuk dicoba. Warung Bu Kris ini spesialis makanan Jawa Timur, terutama serba penyetannya yang lengkap.

Rasa sambalnya khas terasi dengan tomat, sensasi pedasnya juga tidak terlalu menyiksa dan masih enak untuk dinikmati. Tentunya menu yang paling populer ada ayam penyetnya. Tapi menu lainnya juga tersedia di sini dan pastinya bikin nafsu makan meningkat.

Dengan harga yang cukup terjangkau dari kisaran Rp 25.0000 saja sudah bisa pesan penyet, bakso, tahu, telor penyet dengan sambal ulek yang super pedas. Tersedia juga menu seperti gulai nangka, aneka ikan asin, hingga sayur asem.

2. Ayam Penyet Bang Ikhsan

Ayam Penyet Bang Ikhsan merupakan satu satu warung makan ayam penyet gaya kaki lima yang cukup populer di daerah Mampang, Jakarta Selatan. Warung ayam penyet ini jadi antrean para driver ojol setiap jam makan siang dan jam makan malam.

Ciri khas ayam penyet di sini, menggunakan ayam goreng serundeng dengan lengkuas yang digoreng garing. Kemudian sambal penyetnya hanya menggunakan bawang putih, cabe rawit yang disiram minyak panas. Rasanya pedas dan bikin nagih.

Kisaran harga nasi dengan ayam penyet lengkap dengan sambal dan lalapan sekitar Rp 27.000 saja. Tersedia juga menu pelengkap lainnya misalnya telur bebek penyet, tumis kangkung, sate usus, sampai terong penyet.

3. Ayam Penyet Jeletot Bonsar

Ayam Penyet EnakAyam Penyet Enak Foto: Instagram

Terkenal dengan kenikmatan sambalnya, Ayam Penyet Jeletot Bonsar (Asli) ini bahkan pernah mendapatkan penghargaan dari presiden dan aplikasi makanan online. Di aplikasi GoFood, ayam penyet ini mendapatkan rating 4,7 dengan penjualan yang sudah lebih dari 13 ribu potong.

Bukan hanya sambalnya, tambahan bumbu serundeng di sini juga diakui begitu nikmat. Rasanya gurih dan cocok dikombinasikan dengan ayam penyet yang masih hangat. Di sini juga ayam penyet disajikan dengan serundeng kelapa yang menambah rasa gurih ayam dan sambal. Kisaran harganya sekitar Rp 25.000 sudah menggunakan nasi.

Ayam penyet yang dijual di Jalan Duku, Gandaria, Jakarta Selatan ini juga seringkali memberikan nasi putih tambahan secara gratis untuk pelanggannya.

4. Ayam Penyet Cabe Ijo Aa Sipit

Belakangan banyak ayam penyet yang menggunakan cabai rawit hijau untuk sambalnya. Salah satu warung ayam penyet cabe ijo ini bahkan viral di media sosial. Namanya Ayam Penyet Cabe Ijo Aa Sipit yang lokasinya di kawasan kuliner kaki lima antara Grand Indonesia dan Plaza Indonesia. Warung ayam penyet ini tepat berada di tengah jalan putaran mobil.

Walaupun baru buka, tapi warung Ayam Penyet Cabe Ijo Aa Sipit langsung diserbu para pelanggannya. Harus menunggu lama sampai ayam penyet siap disajikan, mereka rela mengantre. Semejak viral tak hanya jumlah ayamnya saja yang mengalami lonjakan permintaan, tapi juga cabai rawit hijau untuk sambal ayam penyet. Bahkan dalam sehari warungnya bisa menghabiskan 50 kilogram cabai rawit hijau.

Hanya ada satu menu yang ditawarkan oleh Ayam Penyet Aa Sipit yaitu ayam penyet cabe ijo. Ada juga lauk pelengkap lainnya seperti tahu dan tempe goreng, sate usus, ati ampela, ceker ayam, dan kepala ayam. Harganya dari Rp 14.000 - Rp 18.000 saja. Untuk kepedasannya jangan diragukan, dijamin bikin bibir dower.

5. Ayam Penyet Dapur Mayang

Ayam penyet yang satu ini sudah eksis sejak dulu di Pancoran Barat, Jakarta Selatan. Dikenal dengan nama Ayam Penyet Dapur Mayang, di sini menu andalannya adalah sambal dadaknya yang enak dan pedas serta gurih.

Menu yang paling laris ada paket penyetan, isinya lengkap ayam penyet, nasi putih, dilengkapi dengan tahu tempe, sambal serta lalapan. Harganya satu porsi sekitar Rp 28.000 saja dan mengenyangkan.

Kalau sedang ingin berhemat tapi masih ngidam makan sambel penyet pedas. Bisa pesan paket hemat di Dapur Mayang, dengan harga Rp 21.000 isinya ada telor penyet, nasi putih, lalapan dan sambal yang enak.

Baca Juga: Siap-siap Kebakaran! 5 Warung Makan Ini Punya Sambal Setan Pedas Mampus" selengkapnya



Simak Video "Makan Penyetan Sampai Keringetan di Ayam Penyet Pedas Mendesah"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT