Nasi Padang Babi Bikin Heboh, Ini Fakta Restoran dan Menunya

ADVERTISEMENT

Nasi Padang Babi Bikin Heboh, Ini Fakta Restoran dan Menunya

Riska Fitria - detikFood
Sabtu, 11 Jun 2022 10:30 WIB
Rendang
Foto: iStock
Jakarta -

Jagat maya tengah dihebohkan dengan adanya nasi padang babi yang ditawarkan sebuah restoran. Pemilik restoran dibawa ke kantor polisi dan berakhir minta maaf.

Di kawasan Kelapa Gading ada sebuah restoran yang mengklaim sebagai 'nasi Padang non halal'. Restoran tersebut bernama Babiambo yang artinya 'babi saya'. Mereka menawarkan menu berbahan daging babi.

Salah satunya ada rendang babi yang kemudian menyita perhatian publik. Menu rendang babi itu memicu pro dan kontra dari masyarakat Indonesia, terlebih pada orang Minang.

Ada yang beranggapan bahwa rendang babi tidak sesuai dengan nilai budaya masyarakat Minang. Ada pula yang berpendapat bahwa rendang babi tidak menjadi masalah asalkan menerapkan beberapa adab.

Berikut fakta menarik soal nasi Padang babi yang bikin heboh.

1. Menu Restoran Babiambo

Menu yang ditawarkan oleh BabiamboMenu yang ditawarkan oleh Babiambo Foto: GoFood

Babiambo merupakan usaha kuliner yang berbasis online. Restoran tersebut menawarkan menu-menunya melalui platform online seperti Tokopedia, Gofood, Grabfood dan lainnya.

Ada beberapa menu yang ditawarkan, mulai dari Nasi Babi Gulai seharga Rp 41.000. Ada Nasi Babi Rendang seharga Rp 45.000 dan Nasi Bakar Babi seharga Rp 41.000.

Ada juga menu Rames Spesial Babiambo seharga Rp 48.000. Selain itu, ada juga menu ala carte Babi Gulai seharga Rp 53.000 dan Babi Rendang seharga Rp 24.000.

Baca Juga: Heboh Nasi Padang Babi, Ini Cara Mengecek Dagingnya

2. Restoran Ditutup

Restoran Padang non halal tersebut kemudian viral dan ramai dikritik netizen. Bahkan beberapa tokoh pun ikut mengkritik adanya rendang babi tersebut.

Seperti anggota DPR RI dari Dapil Sumatera Barat 2 Guspardi Gaus. Begitu juga dengan Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) Andre Rosiade. Mereka menyebut rendang babi tak sejalan dengan nilai budaya Minang.

Sejak viralnya nasi padang babi restoran Babiambo langsung tutup. Pasalnya saat dicari di beberapa platform online tempat mereka menawarkan menunya sudah tidak ditemukan lagi restoran bernama Babiambo.

Selain itu, mereka juga menghapusakunInstagram yang sebelumnya ada denganakun @babiambo. Pada bio mereka dituliskan sebagai restoran Padang non halal pertama di Indonesia.



Simak Video "Dubes RI untuk Bulgaria Sukses Tarik Investasi Bahan Makanan USD 2 Juta"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT