ADVERTISEMENT

Ini Pendapat Chef Minang soal Rendang Babi yang Tuai Pro Kontra

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 10 Jun 2022 17:30 WIB
Rendang
Foto: iStock

3. Banyak Restoran yang Jual Rendang Babi

Tidak hanya restoran Babiambo saja yang menawarkan rendang berbahan daging babi. Chef Dian mengungkap bahwa banyak restoran lainnya yang juga menawarkan rendang babi.

"Yang harus dikritisi adalah jika produsen tidak mencantumkan keterangan bahwa produknya non halal dan dijual kepada warga muslim,".

Kepada detikFood (10/06) Chef Dian menuturkan bahwa di tanah Minang sendiri belum terdengar jika ada orang yang menjual rendang babi. "Mungkin ada di kalangan terbatas non muslim," tuturnya.

4. Tetap Harus Perhatikan Adab

RendangPerlu ada adab yang harus diterapkan dalam penjualan rendang babi Foto: iStock

Dihubungi detikFood, Chef Dian menegaskan bahwa tidak ada yang salah secara hukum dengan adanya rendang babi. Namun, tetap perlu ada beberapa adab yang harus diperhatikan.

"Saya mendorong kepada pemilik restoran Padang non halal, untuk baiknya menarasikan bahasa yang lebih sesuai dan lebih ke menjaga suasana kebatinan kita bersaudara sesama anak bangsa," ujar Chef Dian.

Misalnya, kata 'Babiambo' diganti tanpa menggunakan kata-kata Minang. Menurutnya, cara itu adalah sebuah produktif sebagai adab dalam bergaul sesama anak bangsa.

Selain itu, dinilai kurang pas juga pada logo restoran seperti mendeskripsikan rumah gadang. Sebab rumah gadang memiliki falsafah tersendiri di dalamnya.

"Ini adalah imbauan saya sebagai adab kita bergaul sesama anak bangsa, secara hukum memang tidak masalah. Namun, secara adab saling bergaul yang baik maka ini bisa dipertimbangkan," ujar Chef Dian.

5. Waspada Penggiringan Isu

Dengan ada kejadian ini, Chef Dian mengingatkan untuk waspada adanya perpecahan karena adanya penggiringan isu yang tidak pada tempatnya.

"Karena tidak semua bisa mencerna dengan baik akibat dari komentar-komentar yang tidak pada tempatnya," tutupnya.

Baca Juga: Heboh Nasi Padang Babi di Jakarta, Ini Fakta Terbarunya



Simak Video "Mencoba Nasi Padang dengan Sentuhan Kuliner Asal Medan"
[Gambas:Video 20detik]

(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT