ADVERTISEMENT

Malaysia Urutan 46 dari Daftar 50 Masakan Terbaik Dunia, Netizen Geram

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Rabu, 08 Jun 2022 19:00 WIB
Malaysia Urutan 46 dari Daftar 50 Masakan Terbaik Dunia, Netizen Geram
Foto: World of Buzz/Twitter TasteAtlas
Jakarta -

Netizen Malaysia geram melihat daftar 50 Masakan Terbaik Dunia versi TasteAtlas pada Juni 2022. Pasalnya Malaysia menduduki posisi 46 alias 5 terbawah dari dari daftar itu.

Perbincangan soal masakan, makanan, hingga tempat makan terenak di dunia tak pernah ada habisnya. Beberapa situs dan panduan wisata bahkan mengeluarkan daftar paling enak untuk semua kategori terkait makanan.

Salah satunya TasteAtlas yang daftarnya kerap jadi sorotan. TasteAtlas sendiri merupakan situs kuliner yang mengulas seputar makanan tradisional, resep lokal, hingga restoran autentik di dunia.

Pada 4 Juni 2022, melalui Twitter @TasteAtlas, diungkap daftar World's Best Cuisines alias Masakan Terbaik di Dunia. Daftar ini sudah diperbarui untuk periode Juni 2022.

Terdapat 50 negara yang masuk dalam daftar itu. Posisi 5 teratas adalah Italia, Yunani, Spanyol, Romania, dan Prancis. Indonesia juga ada yaitu di urutan 14. Sementara posisi 5 terbawah ditempati Malaysia, Mesir, Bolivia, Uruguay, dan Slovenia.

Mengenai metode penilaiannya, TasteAtlas menjelaskan ini berdasarkan rata-rata penilaian akan 30 hidangan khas di masing-masing negara itu. "Peringkat masing-masing negara didapat dari peringkat rata-rata pengguna (TasteAtlas) akan 30 hidangan, minuman, dan produk makanan terbaik di negara itu. Negara-negara yang tidak ada dalam daftar (berarti) tidak memiliki cukup item untuk dinilai," kata TasteAtlas.

Malaysia Urutan 46 dari Daftar 50 Masakan Terbaik Dunia, Netizen GeramDaftar 50 Masakan Terbaik Dunia versi TasteAtlas (Juni 2022). Foto: World of Buzz/Twitter TasteAtlas

Cuitan soal Daftar Masakan Terbaik di Dunia versi TasteAtlas ini jadi perbincangan banyak netizen, tak terkecuali netizen Malaysia yang geram mengetahui posisi negaranya ada di 5 terbawah. Mengutip World of Buzz (7/6), netizen ramai-ramai mengungkapkan kekecewaannya.

Salah satunya Anggota Parlemen Malaysia untuk Bandar Kuching, Dr Kelvin Yii. Melalui Twitter (5/6), ia mengatakan daftar ini tidak masuk akal. "Siapapun yang menilai ini mungkin mengalami anosmia & ageusia yang lama!" katanya.

Malaysia Urutan 46 dari Daftar 50 Masakan Terbaik Dunia, Netizen GeramDr Kelvin Yii memberi sindiran untuk daftar TasteAtlas yang menempatkan Malaysia di urutan 46. Foto: World of Buzz/Twitter TasteAtlas

Kata-katanya merupakan sindiran telak mengingat anosmia berarti hilangnya kemampuan mencium aroma dan ageusia adalah hilangnya kemampuan merasakan sesuatu. Dr Kelvin Yii seolah menekankan hanya orang-orang yang anosmia dan ageusia saja yang menilai masakan Malaysia tidak enak.

"Siapa saja pengguna (TasteAtlas)? Apakah mereka orang yang benar-benar menyukai makanan Asia Tenggara? Jika ya, maka Malaysia tidak akan mendapatkan peringkat yang begitu rendah," sahut netizen lain.

"Malaysia urutan 46? Mereka pasti belum pernah berkunjung ke Malaysia," ujar netizen lain. Tak sedikit juga yang meragukan kredibilitas pemberi ranking TasteAtlas.

"Bisakah kita tahu siapa yang memberi peringkat negara-negara ini dan bagaimana mereka menentukan 30 hidangan, minuman, dan makanan terbaik?" tanya seorang netizen.

Pasalnya dalam daftar TasteAtlas, makanan terbaik Malaysia yang dicantumkan seperti Bak Kut Teh, Sarawak Laksa, dan Roti Canai. Roti canai dianggap netizen Malaysia kurang menggambarkan kekayaan rasa hidangan Malaysia seperti pada Nasi Lemak hingga Char Kuey Teow.

Saksikan juga: Nikita Fima, Wujud Putri Duyung di Dunia Nyata

[Gambas:Video 20detik]



(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT