ADVERTISEMENT

Viral 'Sprite Challenge' di TikTok yang Bikin Sendawa Keras

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 05 Jun 2022 12:30 WIB
Sprite Challenge
Foto: iStock
Jakarta -

Viral di TikTok tren Sprite Challenge minum minuman soda sebotol sekaligus yang bikin sendawa. Ini penjelasannya secara ilmiahnya.

Belakangan ini viral di TikTok tren 'Sprite Challenge'. Tren tersebut mengharuskan kita minum minuman soda satu botol sekaligus dalam waktu singkat.

Dalam tren tersebut akan membuat kita bersendawa bahkan dengan suara yang keras. Seperti yang dilakukan oleh pengguna TikTok dengan akun @tyasrrr.

Pada video TikToknya ia berhasil menghabiskan satu botol minuman soda dalam waktu singkat. Hasilnya suara sendawanya pun sukses bikin kaget netizen karena saking besarnya.

Baca Juga: Makan Nasi Porsi Besar dengan Lauk Secuil Jadi Tren di TikTok

Sprite ChallengeSprite Challenge tren di TikTok Foto: iStock

Bersendawa setelah minum minuman soda merupakan hal yang wajar. Minuman soda adalah minuman berkarbonasi yang memiliki gelembung-gelembung kecil.

Dikutip dari Livestrong (03/10/17) sendawa setelah minum soda merupakan tanpa mekanisme tubuh bekerja.

Pada saat itu, tubuh bekerja melepaskan kelebihan gas dalam sistem pencernaan. Ketika makan dan minum, sebenarnya bukan hanya makanan atau minuman saja yang masuk ke dalam tubuh.

Sejumlah udara yang mengandung nitrogen dan oksigen juga ikut masuk ke dalam tubuh. Selain itu, minuman bersoda sendiri juga mengandung karbon dioksida.

Baca Juga: Bikin Resah! Tren TikTok Ini Minta Pesanan Makanan Dibayari Orang di Depannya

Sprite ChallengeMinuman soda mengandung karbon dioksida yang menyebabkan sendawa Foto: iStock

Nah, hal itulah yang menyebabkan kita bisa bersendawa. Gelembung-gelembung kecil pada minuman soda itu adalah karbon dioksida yang telah dicampur ke dalam air selama proses produksi minuman.

Ketika diminum, maka karbon dioksida akan berkumpul di dalam perut. Semakin banyak diminum, maka semakin banyak pula gelembung itu masuk ke dalam sistem pencernaan.

Lantas apakah hal ini berbahaya? Minuman bersoda bisa jadi berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Ada beberapa gangguan kesehatan yang dialami karena kebanyakan minum minuman soda.

Mulai dari obesitas, kekurangan vitamin, kerusakan gigi, penyakit kronis, kanker, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Netizen Beli Nasi Padang Rp 100 Ribu Sebaskom, Dapat 10 Lauk!



Simak Video "Nenek Yanah, Viral Gegara Tutorial Memasak Absurd"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT