5 Jenis Saus Ini Bikin Steak Rasanya Lebih Lezat

ADVERTISEMENT

Steak Kaki Lima

5 Jenis Saus Ini Bikin Steak Rasanya Lebih Lezat

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 05 Jun 2022 17:00 WIB
Saus yang cocok untuk steak
Foto: iStock
Jakarta -

Menikmati steak kurang lengkap tanpa saus pelengkap. Ada beberapa jenis saus yang cocok untuk steak dengan cita rasa manis, gurih dan asin.

Untuk memperkaya rasa pada makanan tidak cukup garam dan lada saja. Seperti beefsteak yang rasanya gurih juicy makin enak dicocol dengan saus yang kaya rasa.

Tak hanya satu atau dua, tetapi ada banyak jenis saus yang cocok dipadukan untuk steak. Masing-masing saus itu pun memiliki karakteristik rasa tersendiri.

Ada yang manis, gurih, asin dan pedas hangat. Beberapa jenis saus untuk steak itu juga dapat dibuat sendiri di rumah dengan mudah.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 jenis saus yang cocok untuk melengkapi beefsteak:

1. Lada Hitam

Lada hitam atau black pepper jadi saus paling cocok untuk sajian steak. Saus steak yang satu ini memiliki cita rasa yang pedas gurih.

Akan terasa pedas dan panas di bagian lidah dan tenggorokan. Saus ini terbuat dari campuran lada hitam dan krim. Kedua bahan itu dimasak hingga teksturnya kental.

Tips agar saus menjadi pas, saus harus dimasak dalam wajan bekas memasak steak. Kamu bisa menambahkan bawang merah yang telah digeprek atau merica sebagai bumbu tambahan.

Baca Juga: Habiskan Rp 1,2 Juta, Netizen Sebut Harga Menu Beach Club Raffi Ahmad Keterlaluan

2. Barbeque

Saus yang cocok untuk steakSaus barbeque cocok untuk steak Foto: iStock

Saus barbeque memang selalu cocok untuk makanan olahan daging, salah satunya steak. Saus yang satu ini memiliki cita rasa smokey dan gurih.

Kini banyak saus barbeque dengan berbagai varian. Bahkan banyak dijual secara kemasan sehingga lebih praktis.

Selain bisa jadi saus untuk menyajikan steak,barbeque juga bisa dipakai sebagai bumbumarinasi daging agarbumbunya lebih meresap hingga ke bagian dalam daging.

3. Mushroom Sauce

Saus yang cocok untuk steakMushroom sauce cocok untuk steak Foto: iStock

Mushroom Sauce atau saus janur merupakan jenis saus untuk steak yang paling populer. Tak hanya disajikan untuk steak di restoran, tetapi juga di warung kaki lima.

Rasa saus ini juga banyak digemari penikmat steak. Cara membuatnya juga mudah, bahkan hanya membutuhkan waktu 15 menit saja. Untuk membuat saus ini menggunakan jamur jenis kastanye.

Jamur tersebut digoreng 5 menit menggunakan minyak zaitun. Masukkan satu siung bawang putih yang telah digeprek. Masak dan masukkan empat sendok double cream dan mustard whole grain.

Baca Juga: 5 Jenis Daging Sapi Ini Ditawarkan Penjual Steak, Mana yang Enak?

4. Teriyaki

Saus yang cocok untuk steakSaus teriyaki cocok untuk steak Foto: iStock

Saus teriyaki biasanya sering dipakai untuk olahan masakan Jepang. Namun, jenis saus ini juga cocok untuk menyajikan steak. Saus ini memiliki perpaduan rasa manis dan gurih.

Rasanya seimbang, sehingga cocok dipakai untuk menyajikan steak. Untuk membuat saus ini juga praktis. Terbuat dari kecap asin, saus, jahe parut dan madu.

Ada juga yang menambahkanmirin agar lebih gurih. Masak bahan-bahan tersebut dan didihkan selama 5 menit sampai adonan mengental.

5. Gravy Sauce

Saus yang cocok untuk steakGravy sauce cocok untuk steak Foto: iStock

Gravy sauce tersebut dari sari pati bahan makanan dan lemak yang keluar selama proses memasak. Bahan makanan dan lemak itu tidak harus dari produk hewani.

Ada pula gravy sauce yang terbuat dari produk nabati seperti campuran sayur, jamur dan bawang bombay. Banyak yang menyebut bahwa jenis saus ini mirip brown sauce.

Baca Juga: Bukan Tempat Mewah, Steak Empuk Juicy Juga Ditawarkan Warung Tenda



Simak Video "Ramainya Steak Kaki Lima Meat A Meat di Sunter"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT