ADVERTISEMENT

Apakah Kepiting dan Teripang Halal Dimakan? Ini Kata MUI

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Sabtu, 04 Jun 2022 07:00 WIB
Fakta Crab Stick Olahan Seafood yang Tidak Mengandung Kepiting
Foto: Getty Images/iStockphoto/Yata
Jakarta -

Hewan laut seperti ikan dan udang memang halal dikonsumsi, namun bagaimana dengan kepiting hingga teripang? Banyak muslim masih ragu mengonsumsi hewan laut ini karena khawatir tak halal.

Islam mengatur status halal dan haram sebuah makanan dengan jelas. Untuk hewan laut, misalnya, identik sebagai bahan makanan halal yang aman dikonsumsi muslim.

Tapi ada beberapa hewan laut yang kerap dipertanyakan status kehalalannya untuk dikonsumsi. Hewan laut ini diragukan halal karena dikira hidup di dua alam hingga dianggap buas.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) lantas meluruskan hal ini dengan memberikan sejumlah penjelasan melalui situs resminya. Mulai dari teripang, kepiting, hingga ikan hiu. Bagaimana kehalalannya?

Berikut detikfood merangkum informasinya:

1. Teripang

Semua Makanan dari Laut Halal, Termasuk TeripangTeripang populer dalam masakan China dan mengandung segudang nutrisi. Foto: Getty Images/iStockphoto/4045

Teripang atau timun laut populer dalam masakan China. Teripang bisa ditumis dengan sayuran atau dimasak dengan bumbu kecap yang manis gurih. Tak hanya itu, teripang kerap dikonsumsi untuk mendapat manfaat sehatnya.

Konon teripang bisa mengurangi penyebaran dan pertumbuhan sel kanker. Inilah yang membuat teripang kerap diolah menjadi obat dan suplemen kesehatan. Namun banyak muslim di Indonesia masih ragu tentang hukum memakan teripang karena makanan laut ini tak umum dikonsumsi.

MUI mengatakan teripang halal dikonsumsi. Anggota Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dr. KH. Abdurrahman Dahlan menjelaskan, "Dari Abu Hurairah radiyallahu'anhu, ia berkata telah bersabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang (hukum) air laut bahwa air laut itu suci, (dan) halal bangkainya."

Selain hadits itu, ada juga penjelasan dalam Alquran mengenai kehalalan hewan laut untuk dimanfaatkan. Salah satunya dalam Q.S. Al-Maidah: 96 yang artinya "Dihalalkan bagimu binatang buruan laut dan makanan (yang berasal) dari laut sebagai makanan yang lezat bagimu, dan bagi orang-orang yang dalam perjalanan; dan diharamkan atasmu (menangkap) binatang buruan darat, selama kamu dalam ihram. dan bertakwalah kepada Allah yang kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan."

MUI bahkan menyertakan penjelasan soal manfaat teripang untuk kesehatan seperti diungkap Guru besar IPB University sekaligus auditor senior Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI), Prof. Dr. Ir. Purwantiningsih M.S. Ia mengatakan teripang mengandung vitamin B kompleks, fosfor, kalium, hingga kolagen.

Bagaimana kata MUI soal konsumsi kepiting dan ikan hiu? Lihat halaman selanjutnya.



Simak Video "Menikmati Bakmi Kering Haji Aman di Singkawang"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT