Ilegal! Ratusan Sirip Hiu Ditemukan di Restoran dan Siap Jadi Makanan

Devi Setya - detikFood
Senin, 25 Apr 2022 15:30 WIB
Sirip ikan hiu di restoran
Foto: Fox news
Jakarta -

Ada ratusan sirip hiu diamankan dari sebuah restoran di Texas. Sirip hiu ini rencananya akan diolah menjadi makanan, padahal hiu termasuk hewan yang dilindungi sehingga mengonsumsi sirip hiu termasuk perbuatan ilegal.

Sirip hiu sudah lama dikenal bisa diolah menjadi makanan. Rasanya dianggap lezat sehingga banyak orang penasaran ingin menikmatinya. Biasanya sirip hiu diolah menjadi sup dengan campuran aneka seafood lainnya

Di sisi lain, hiu termasuk hewan dilindungi sehingga tidak boleh ditangkap ataupun dijadikan makanan. Namun karena antuasiasme masyarakat yang ingin makan sirip hiu sangat tinggi, alhasil ada saja restoran yang diam-diam menyajikan menu dengan bahan baku sirip hiu.

Sirip ikan hiu di restoranSirip ikan hiu di restoran Foto: Fox news

Dikabarkan Fox News (25/4) sebuah restoran di Texas baru saja diamankan pihak berwajib. Di restoran ini ditemukan ratusan potong sirip hiu yang rencananya akan diolah menjadi makanan.

Restoran yang berlokasi di Bexar County ini digrebek oleh Texas Game Warden yakni lembaga resmi di Texas yang bertugas mengawasi satwa liar dan dilindungi. Dalam hal ini mereka menyoroti aksi ilegal perdagangan, penjualan, pembelian, atau pengangkutan sirip hiu.

Dalam kegiatan yang dilakukan 13 April 2022 lalu ini ditemukan 381 sirip hiu utuh dalam keadaan segar. Kemudian ada juga 29,2 pon atau sekitar 13,2 kilogram sirip hiu beku yang disimpan di dalam freezer restoran.

"Pada 13 April mendatangi kawasan laut lokal di San Antonio, Texas," tulis Texas Game Wardens melalui akun Facebooknya. "Selama pemeriksaan, Texas Game Wardens menemukan 381 sirip hiu utuh dan tambahan 29,2 pon sirip hiu beku di dalam freezer komersial restoran. Kasus ini ditangguhkan terhadap restoran atau pemilik dan semua sirip hiu disita sebagai barang bukti."

Sirip hiu dianggap makanan ilegal karena saat hiu termasuk hewan yang dilindungi. Selain itu proses pengambilan sirip hiu juga terbilang sadis. Hiu akan ditangkap, lalu bagian siripnya akan dipotong dan ikan hiu akan kembali dilepas di laut. Hiu yang dilepas kembali tanpa sirip ini tentu akan mati.

Sirip hiu biasanya diolah menjadi sup sirip hiu, yang dianggap sebagai makanan lezat di daerah tertentu. Bagian daging hiu tidak digunakan karena rasanya dianggap tidak enak, jadi orang hanya mengincar bagian siripnya saja.

Di Amerika Serikat, sirip hiu bukanlah bahan makanan dan dianggap sebagai barang ilegal. Proses jual beli sirip hiu juga tercatat dalam undang-undang sehingga pelakunya dapat dihukum berat. Namun ada juga beberapa negara yang melakukan praktik jual beli sirip hiu secara legal.



Simak Video "Bikin Laper: Sate Taichan Ayam dan Renyah di Kebon Jeruk"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)