Masih Jadi Menu Kawinan, Ribuan Sirip Ikan Hiu Diselundupkan ke Hong Kong

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 12 Okt 2021 18:30 WIB
Sirip Ikan Hiu Foto: Istimewa
Jakarta -

Sirip ikan hiu sering diambil untuk dijadikan makanan, meskipun mengancam populasi hiu. Termasuk di Hong Kong, yang masih jadikan sirip hiu makanan wajib di pesta pernikahan.

Populasi ikan hiu yang terus menurun, membuat perdagangan sirip ikan hiu semakin ilegal dan diawasi secara ketat oleh pemerintah. Walaupun penyelundupan ini termasuk ke dalam tindakan yang melanggar hukum.

Dilansir dari OCCRP (11/10), baru-baru ini ditemukan lebih dari 3,493 sirip ikan dan 117 kg swim bladders (gelembung renang ikan) yang akan diselundupkan ke Hong Kong dari Kolombia.

Setidaknya karena perdagangan ilegal ini ada lebih dari900-1000ikan hiu yang dikorbankan. Kebanyakan ikan hiu yang diburu merupakan ikan hiu yang berada di perairan Kolombia, di sekitar Roldanillo.

Baca Juga: Jantung Ikan Hiu Dijual di Jepang, Bagaimana Rasanya?

Masih Jadi Menu Kawinan, Ribuan Sirip Ikan Hiu Diselundupkan ke Hong KongMasih Jadi Menu Kawinan, Ribuan Sirip Ikan Hiu Diselundupkan ke Hong Kong Foto: SCMP/Secre Taria de Ambiente de Bogota/Site News


Meskipun Hong Kong sebenarnya sudah melarang perdagangan ilegal ini dari beberapa tahun yang lalu. Tapi tradisi hingga budaya kuliner di sana masih mengonsumsi sirip ikan hiu, sebagai salah satu menu wajib di pesta pernikahan. Akibatnya perdagangan sirip ikan hiu tetap populer.

Bahkan meski undang-undangnya sudah jelas, sirip ikan hiu dan konsumsi sirip ikan hiu masih diam-diam dilakukan banyak warga Hong Kong. Terbukti bahwa perdagangan sirip ikan hiu internasional ini setidaknya sudah menumpas lebih dari 76 juta ekor ikan hiu per tahunnya.

Di tahun 2020 contohnya, pemerintah Hong Kong menemukan ada 26 ton lebih sirip ikan hiup yang sudah dikeringkan dan diselundupkan secara ilegal. Diperkirakan puluhan ton sirip ikan hiu ini berasal dari 38.500 ekor ikan hiu yang terancam punah menurut data dariEarth.org.

Masih Jadi Menu Kawinan, Ribuan Sirip Ikan Hiu Diselundupkan ke Hong KongMasih Jadi Menu Kawinan, Ribuan Sirip Ikan Hiu Diselundupkan ke Hong Kong Foto: SCMP/Secre Taria de Ambiente de Bogota/Site News

Fenomena ini memang tak lepas dari pasar sirip ikan hiu yang masih banyak di China. Kembali lagi karena sirip ikan hiu, sejak puluhan tahun lalu sudah menjadi menu utama atau menu wajib yang harus disediakan di pesta pernikahan.

Apalagi buramnya zona perdagangan sirip ikan hiu ilegal yang banyak dilakukan beberapa organisasi yang bermain rapih. Hal ini membuat pemerintah dan organisasi pecinta hewan, semakin sulit untuk melacak atau membasmi industri gelap sirip ikan hiu ini.

Selain untuk pesta pernikahan, sup sirip ikan hiu dipercaya dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti menghaluskan kulit, menambah gairah seksual, meningkatkan energi sampai mitos membuat orang awet muda.

Baca Juga: Viral! Pria Ini Berhasil Hidupkan Ikan Beku Pakai Bahan Pengembang Kue" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Cobain Rawon Malang Kesukaan SBY Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com