ADVERTISEMENT

Bule Vegetarian Cicip Rujak Cingur Pertama Kali, Ini Reaksinya

Diah Afrilian - detikFood
Jumat, 03 Jun 2022 17:00 WIB
Bule Vegetarian Cicip Rujak Cingur Pertama Kali, Ini Reaksinya
Foto: TikTok/laurence_benson
Jakarta -

Para vegetarian membatasi dirinya untuk tidak makan daging. Tetapi bule vegetarian ini justru mencicipi rujak cingur. Bagaimana ya reaksinya?

Indonesia punya banyak kuliner yang unik dan tidak akan bisa ditemukan di negara lain. Salah satunya, rujak cingur dari Jawa Timur. Menggunakan beberapa jenis sayuran ada bahan unik yang dicampurkan ke dalamnya.

Sesuai dengan namanya, rujak cingur menggunakan 'cingur' atau yang berarti moncong sapi. Moncong sapi akan direbus hingga empuk kemudian diiris-iris dan dicampurkan ke dalam bahan-bahan rujak. Setelahnya campuran ini disiram dengan bumbu kacang yang dipadu petis.

Walaupun menggunakan banyak sayuran, tetapi hidangan ini tidak bisa dikategorikan sebagai makanan untuk vegetarian. Tidak pernah mencoba sebelumnya, beberapa orang bule yang menjalankan diet vegetarian ini diberi rujak cingur untuk pertama kalinya. Seperti apa ya komentarnya?

Bule Vegetarian Cicip Rujak Cingur Pertama Kali, Ini ReaksinyaBeberapa orang bule ditantang untuk mencicipi rujak cingur tanpa diberi informasi tentang makanannya terlebih dahulu. Foto: TikTok/laurence_benson

Mengutip TikTok @laurence_benson (29/5), tiga bule diberikan masing-masing seporsi rujak cingur. Sebelumnya, ketiga pria ini tidak diberi sedikit pun informasi tentang makanan apa yang dikonsumsi dan bahan apa saja yang ada di dalamnya.

Ketiganya tidak terlalu curiga dengan makanan yang disajikan karena hanya terlihat seperti tumpukan sayuran yang diberi saus saja. Pada suapan pertama, ketiganya terlihat begitu menikmati dan terus menambah suapan demi suapan.

Penggunaan bumbu petis membuat sedikit terasa semacam ikan karena dibuat dari campuran udang, kupang dan ikan yang difermentasi. Ketiga bule tersebut mengira bahwa hidangan yang diberikan adalah salah satu jenis seafood tradisional asal Indonesia.

Setelah berhasil menghabiskan setengahnya dan diberi kesempatan untuk menilai makanan tersebut, baru kemudian mereka diberi informasi tentang makanan yang baru saja disantapnya. "Makanan yang kalian makan adalah rujak cingur yang menggunakan hidung sapi," kata Laurence.

Bule Vegetarian Cicip Rujak Cingur Pertama Kali, Ini ReaksinyaSetelah diberi tahu menggunakan hidung sapi, seluruh bule yang mencicipi itu langsung terlihat jijik dan menyesal telah memakan makanan yang disajikan. Foto: TikTok/laurence_benson

Para peserta yang terkejut dengan bahan istimewa dalam makanan itu langsung mendorong makanan mereka menjauh. Hampir semuanya merasa mual setelah tahu bahwa rujak cingur yang dimakannya menggunakan campuran irisan hidung sapi.

Saat dilihat oleh detikcom (3/6) unggahan ini telah dilihat lebih dari 4,8 juta kali. Ribuan netizen membanjiri unggahan ini dengan komentar kocak hingga mereka yang mengaku orang Indonesia tetapi belum pernah mencicipi rujak cingur.

"Rasanya seperti telur sapi? Memang sejak kapan sapi bertelur?," tulis salah satu netizen.

"Gue orang Indonesia belum pernah mencoba rujak cingur," jawab netizen lainnya.

"Jangankan kamu. Aku yang dulu suka banget sama rujak cingur tetapi setelah tau cingur itu hidung sapi seketika saya nggak doyan rujak cingur. Beli rujak biasa tanpa cingur saja," jawab netizen yang ikut memberi respon.



Simak Video "Pencinta Pedas Merapat! Ada Mie Iblis di Lumajang"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT