10 Gorengan Enak di Dunia Rekomendasi CNN Travel

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Jumat, 27 Mei 2022 16:00 WIB
10 Gorengan Enak di Dunia Rekomendasi CNN Travel
Foto: Getty Images/iStockphoto/Oksana Chaun
Jakarta -

Gorengan digemari banyak orang karena rasanya enak dan teksturnya renyah garing. Ada banyak gorengan yang terkenal enak, seperti 10 gorengan dari berbagai negara ini.

Gorengan memiliki sejarah panjang. Bukti arkeologis menunjukkan bahwa kita telah menikmati adonan yang digoreng sejak bangsa Mesopotamia kuno menemukan penggorengan.

Ribuan tahun berikutnya, gorengan tetap menjadi makanan yang digemari. Gorengan hadir dalam dua versi yaitu manis dan gurih. Gorengan ini dibuat dari berbagai bahan seperti adonan tepung, sayuran, hingga bunga.

Tiap negara seolah punya gorengan khas yang sayang dilewatkan. Gorengan ini biasanya dijadikan makanan sehari-hari warga lokal dan dijajakan di kedai kaki lima.

CNN Travel (18/5) merekomendasikan 30 jenis gorengan enak di dunia, termasuk 10 gorengan berikut:

1. Tempura - Jepang

10 Gorengan Enak di Dunia Rekomendasi CNN TravelFoto: Getty Images/iStockphoto/Oksana Chaun

Tempura adalah gorengan khas Jepang yang mendunia. Varian terkenalnya tempura udang, namun ada juga tempura sayuran yang tak kalah enak. Tempura ini punya tekstur ringan dan renyah karena tepungnya dibuat dengan campuran tepung terigu, telur, dan air dingin.

Tempura sayuran bisa dibuat dari berbagai sayur seperti jamur, akar teratai, rumput laut, kacang hijau, labu, okra, hingga paprika. Konon tempura sayuran sudah ada sejak abad 16 ketika ada hari puasa yang mengharuskan pelakunya mengurangi konsumsi daging.

2. Hushpuppies - Amerika Selatan

Bentuknya bola-bola mungil, inilah hushpuppy atau hushpuppies dari Amerika Selatan. Kroket berbahan dasar tepung jagung ini bercita rasa gurih, biasanya dijadikan menu pendamping ikan goreng di Amerika Selatan sejak zaman Perang Saudara.

Sebelum hushpuppies, kudapan ini punya beragam nama. Mulai dari red horse bread, three finger bread, dan red devils.

3. Churros - Spanyol, Portugal, dan Amerika Latin

10 Gorengan Enak di Dunia Rekomendasi CNN TravelFoto: Getty Images/iStockphoto/Oksana Chaun

Gorengan ini sudah banyak dikenal orang Indonesia. Namanya churros yang populer di Spanyol dan Portugal. Bentuk churros unik, menyerupai pipa atau batang dengan tekstur bergaris.

Untuk membuatnya, adonan churros perlu dipencet melalui spuit bentuk bintang ke dalam wajan berisi minyak panas. Churros digoreng hingga matang kemudian disajikan bersama taburan gula kayu manis atau celupan saus cokelat dan dulce de leche.

4. Beignets - Louisiana

Beignets adalah donat bentuk persegi alias donat bantal yang empuk manis. Beignets biasanya disajikan bersama taburan gula halus. Beignets konon terkenal karena disajikan dengan chicory coffee di Café du Monde.

Gorengan manis ini dikenal luas di Amerika Selatan melalui orang Prancis Kanada (Acadian) yang bermukim pada abad 18. Mereka menjadikan beignet sebagai standar budaya dan masakan Cajun.

5. Mandazi - Afrika Timur

10 Gorengan Enak di Dunia Rekomendasi CNN TravelFoto: Getty Images/iStockphoto/Oksana Chaun

Mandazi dikenal sebagai donat Afrika. Bentuknya unik seperti bantal segitiga. Mandazi punya banyak nama lain di sepanjang pantai Swahili, Afrika Timur.

Untuk membuatnya, adonan tepung dengan ragi dicampur susu atau santan, kemudian ditambahkan aneka rempah seperti kapulaga. Di Ghana dan wilayah lain di Afrika Barat, adonan mandazi dibentuk bola bulat. Gorengan ini dikenal bernama bofrot atau puff puff.

Rekomendasi gorengan enak masih ada di halaman selanjutnya.