ADVERTISEMENT

Tips Merawat Alat Masak Agar Lebih Awet ala Chef Yuda Bustara

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 27 Mei 2022 14:00 WIB
Chef Yuda Bustara
Foto: Modena Indonesia
Jakarta -

Chef Yuda Bustara membagikan tips merawat alat-alat masak. Mulai dari merawat air fryer, kompor, wajan dan alat masak lain agar lebih awet dan tetap berfungsi baik.

Semua alat masak jika dirawat dengan baik akan lebih tahan lama umur pakainya. Merawat alat masak pun bisa jadi sangat sederhana asalkan rajin dilakukan setiap kali selesai dipakai.

Tips yang diberikan oleh chef Yuda Bustara ini sangat mudah dipraktekkan di rumah. Bisa dibersihkan dengan bahan dan peralatan yang ada di rumah


Berikut tips merawat peralatan masak dari Chef Yuda Bustara:

1. Air Fryer

Air fryer menjadi alat masak yang kian populer. Banyak orang memilih untuk menggunakan alat ini karena dirasa cukup praktis dan sehat. Terlebih lagi tidak memerlukan minyak yang banyak.

Tetapi isu akhir-akhir ini banyak menyebutkan bahwa air fryer ternyata berbahaya untuk kesehatan.

Ditemui detikfood dalam acara 'Modena Kitchen Solution' (24/05), Chef Yuda Bustara pun mengungkap bahwa berita yang beredar tentang air fryer hanyalah fakta yang tidak benar dan tidak didasari penelitian.

Alat MasakMenurut Chef Yuda Bustara air fyer aman untuk digunakan. Meskipun memang nutrisi bahan makanan ketika dipanaskan akan berkurang. Foto: Detikcom

"Menurut saya berita tentang air fryer itu gimmick banget. Banyak bad atau fake news tentang air fryer yang sebenarnya belum ada risetnya.", ungkap Chef Yuda Bustara dengan santai.

Masalah aman atau tidaknya alat masak ini, menurut Chef Yuda Bustara air fyer aman untuk digunakan. Meskipun memang nutrisi bahan makanan ketika dipanaskan akan berkurang, namun hal itu tidak akan membahayakan kesehatan tubuh.

"Sebenarnya apapun yang dipanaskan pasti nutrisinya berkurang. Dan apapun yang menghitam, yang ada karbonnya itu bisa membuat kanker. Jadi kalau masak di air fryer tetapi hasilnya tidak gosong, sebenarnya bukan jadi masalah." lanjut chef Yuda.

Untuk menjaga air fryer tahan lama chef Yuda membagikan tips yang sangat praktis. Cukup dengan membasuh bagian dalam air fryer menggunakan kain lap saja.

"Cara membersihkan air fryer ini sebenarnya hanya di lap saja", ujarnya.

Setelah selesai masak satu makanan, air fryer bisa langsung dibersihkan dengan kain lap. Barulah setelah itu masak makanan lainnya.

Namun cara pembersihan air fryer tergantung dari jenisnya. Mungkin sebagian air fryer perawatannya mudah, namun bisa jadi sebagian lainnya tidak sama. Karena itu perhatikan petunjuk membersihkan pada kemasan air fryer.



Simak Video "Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli HP Baru "
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT