Rekomendasi Tempat Makan

Keren! Jualan Cuma Satu Menu Saja, 5 Tempat Makan Ini Selalu Diantre

Sonia Basoni - detikFood
Kamis, 26 Mei 2022 17:00 WIB
Nasi tim ayam jamur
Foto: Getty Images/iStockphoto/Ika Rahma
Jakarta -

Jika biasanya restoran atau tempat makan menawarkan lebih dari satu menu makanan. Berbeda dengan beberapa tempat makan ini, yang mantap hanya menjual satu menu makanan saja.

Pilihan menu makanan yang beragam dan banyak jenisnya, merupakan salah satu faktor pendukung agar pengunjung tertarik untuk makan di restoran. Variasi menu makanan ini juga dibuat oleh pemilik restoran, agar pengunjung tidak bosan dengan makanan yang itu-itu saja.

Tapi ternyata konsep variasi makanan ini tidak diterapkan di beberapa tempat makan yang laris manis ini. Tempat makan ini justru terkenal ramai dan banyak pelanggan, karena hanya menjual satu makanan saja lho. Mulai dari nasi uduk legendaris yang sudah ada sejak tahun 1965, sampai opor ayam kuning ala Betawi yang melegenda.

Berikut lima tempat makan yang hanya menjual satu makanan saja namun tetap ramai.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Sate Kambing Tegal di Tangsel yang Gurih Mantap" selengkapnya


1. Opor Ayam Kuning Betawi H. Sa'adih

Indonesian food Opor Ayam, chicken cooked in coconut milk and spices. Served to celebrate Idul Fitri / LebaranOpor ayam kuning. Foto: Getty Images/iStockphoto/AmalliaEka

Cuma jualan opor ayam saja dan tidak ada menu lain. Tapi tempat makan di daerah Cilandak, Jakarta Selatan ini tak pernah sepi dari pembeli. Disebut sebagai salah satu opor ayam kuning legenda ala Betawi, di sini kuah opor disajikan tanpa santan.

Banyak YouTubers dan food vlogger yang ketagihan makan di sini dan mempopulerkan tempatini. Harganya terjangkau, seporsinya sekitar Rp 15.000 saja. Kalau paket opor ayam dengan nasi harganya Rp 25.000.

Pilihan daging ayamnya cukup variatif, meski hanya satu menu saja. Seperti potongan dada, sayap, kepala, paha atas, kerongkongan sampai ati ampela.

2. Kepala Kakap Ibu Restu

Di daerah Ancol, ada warung makan yang cukup terkenal bagi penggemar ikan. Di sini menunya cukup unik karena hanya menjual satu jenis hidangan saja, yaitu kepala kakap. Kepala kakapnya memang bisa diolah menjadi berbagai hidangan.

Tapi kamu tidak akan menemukan sajian selain kepala kakap.Di sini menu favoritnya ada kepala kakap bakar, mungkin bisa dibilang satu-satunya di daerah Jakarta yang menyajikan menu serba kepala kakap.

Rasanya enak, dengan aroma harum dari olesan bumbu bakar yang meresap hingga ke tulang kakap. Tersedia juga menu kepala kakap yang diolah menjadi gulai kental, dengan porsi jumbo kisaran harga Rp 50.000.

3. Ketan Susu Kemayoran

Ketan susuKetan susu Foto: Instagram

Menyebut ketan susu enak tak bisa meninggalkan racikan Ketan Susu Kemayoran. Kelezatan ketan susu di sini sudah tersohor bahkan pernah dinikmati Anies Baswedan. Racikan ketan susunya sederhana karena dinikmati bersama tempe goreng.

Selain itu tempat makan ketan ini terbilang legendaris. Karena sudah berdiri sejak tahun 1958, tetap dengan ciri khasnya yaitu ketan susu dan tempe gorengnya.

Banyak orang menyukai paduan ketan susu manis dengan sentuhan gurih parutan kelapa dan tempe goreng. Selain tempe, gorengan lain yang tersedia adalah pisang dan singkong. Biasanya pengunjung menikmati ketan susu bersama teh poci yang manis dan legit. Seporsi ketan susu dibanderol Rp 3.500 saja. Tapi tetap menu utamanya hanya ketan susu saja, sisanya hanya pelengkap.



Simak Video "Intip 5 Rekomendasi Tempat Kencan Valentine Romantis!"
[Gambas:Video 20detik]