Kota di Jepang Ini Salah Kirim Wagyu Rp 229 Juta ke 140 Orang!

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Kamis, 26 Mei 2022 14:00 WIB
Kota di Jepang Ini Salah Kirim Wagyu Rp 229 Juta ke 140 Orang!
Foto: Getty Images/Yuki KONDO
Jakarta -

Kesalahan mengirim makanan kembali terjadi. Kali ini terjadi di Miyazaki, Jepang dengan total Rp 229 juta. Nilai ini berasal dari daging wagyu yang dikirim ke 140 orang.

Kesalahan dalam mengirim makanan tak hanya terjadi dalam skala kecil seperti perorangan, tapi bisa juga dalam skala besar yang melibatkan pihak penting dalam sebuah wilayah kota. Hal ini baru saja terjadi di ibu kota prefektur kota Miyazaki.

Mengutip Sora News 24 (25/5), sebuah kota salah mengeluarkan pesanan daging yang merupakan bagian dari skema Pajak Kampung Halaman (Furusato Nozei). Ini merupakan sistem di mana seseorang yang tinggal di sebuah kota dapat menyumbangkan sebagian dari pajak kota mereka ke kota lain, utamanya ditujukan untuk pedesaan yang populasinya menurun.

Sebagai gantinya, mereka diberi hadiah dari wilayah itu. Biasanya berupa makanan dan minuman, tapi kadang-kadang ada juga yang memberikan karya seni dan lain sebagainya.

Kota Miyazaki sendiri menawarkan berbagai hadiah seperti daging sapi, ayam, dan daging babi untuk mereka yang bersedia menyumbang kas kota mereka. Tapi kemudian ada insiden terjadi.

Mereka secara tidak sengaja mengirimkan produk daging wagyu premium ke 140 orang senilai kira-kira 2 juta yen atau sekitar Rp 229 juta sebanyak dua kali! Menurut pemerintah kota Miyazaki, hadiah daging pertama kali dikirim pada Februari 2022, namun tidak dicatat sebagai hadiah.

Kota di Jepang Ini Salah Kirim Wagyu Rp 229 Juta ke 140 Orang!Wagyu, hasil unggulan kota Miyazaki, Jepang. Foto: Getty Images/Yuki KONDO

Lalu ketika waktu pengiriman berikutnya tiba pada 15 Mei, pesanan yang tampak tidak terpenuhi itu dikirim lagi ke mereka. Alhasil ada kerugian cukup besar yang dialami oleh kota Miyazaki.

Kelompok Dukungan Donasi Cinta Kampung Halaman Miyazaki adalah pihak yang bertanggung jawab atas insiden itu. Sebelumnya mereka melakukan pengawasan dan berjanji untuk menanggung biaya barang dan pengiriman.

Mereka lantas mengirim email ke semua penerima yang memberi tahu untuk tidak mengembalikan daging segar karena hanya akan sia-sia. Lebih baik mereka memakannya saja.

Insiden salah kirim daging ini pun dianggap netizen Jepang sangat menguntungkan penerimanya. Mereka mendapat pasokan daging premium gratis.

Kota di Jepang Ini Salah Kirim Wagyu Rp 229 Juta ke 140 Orang!Sapi-sapi wagyu di Jepang dipelihara dengan sangat baik. Foto: Getty Images/Yuki KONDO

"Hanya 140 jumlahnya, dan mungkin ini secara tidak langsung bisa jadi bagian promosi," kata seorang netizen. "Tolong lakukan kesalahan (mengirim daging) lebih banyak lagi," canda netizen lainnya. "Ini adalah kesalahan yang sangat bagus. Daging sapi Miyazaki adalah yang terbaik," sahut netizen.

Untuk diketahui, Miyazaki terkenal sebagai produsen wagyu berkualitas. Peternak di sini akan memelihara sapinya dengan sebaik mungkin untuk mendapat produk daging istimewa.

Sapi-sapi wagyu Miyazaki akan dicatat, didokumentasikan, dan dilacak dengan cermat. Dengan cara ini, siapa pun dapat melacak garis keturunan, usia, peternakan, dan garis hidup sapi. Transparansi ini memastikan keaslian dan bahwa konsumen menerima daging wagyu Miyazaki dengan kualitas terbaik.



Simak Video "Kikugawa, Resto Legendaris dengan Rasa Autentik Khas Jepang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)