ADVERTISEMENT

5 Pesta Makan Kerajaan Paling Mewah Sepanjang Sejarah, Ada Pesta Cleopatra

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Selasa, 24 Mei 2022 11:00 WIB
5 Pesta Makan Kerajaan Paling Mewah Sepanjang Sejarah, Ada Pesta Cleopatra
Foto: Mashed
Jakarta -

Makanan kerajaan memang identik mewah, tapi tahukah kamu ada pesta makan kerajaan paling mewah sepanjang sejarah? Makanan ini dinikmati raja Inggris masa lampau hingga Cleopatra. Ini menu pilihan mereka.

Menyebut makanan kerajaan pasti terbayang dengan suguhan makanan yang melimpah dan disajikan dengan mewah di ruangan besar. Makanan ini biasanya dinikmati raja, ratu, pangeran, putri, anggota kerajaan, hingga tamu-tamu kerajaan penting lainnya.

Kehadiran makanan kerajaan ternyata juga bisa mencuri perhatian lantaran jenisnya yang sangat mewah dan jumlahnya yang melimpah ruah. Saat berkuasa, petinggi-petinggi kerajaan ini tak segan menggelontorkan banyak uang demi menggelar jamuan mewah tersebut.

Menunya ada olahan burung hingga kue seberat 136 kg. Ada juga kerajaan yang menyulap lokasi pesta mereka dari gurun tandus menjadi hutan buatan dengan ribuan pohon yang didatangkan. Semua dilakukan untuk memberi kesan terbaik bagi tamu.

Mengutip Mashed (23/5), inilah 5 pesta makan kerajaan paling mewah sepanjang sejarah:

1. The Regent's Banquet

5 Pesta Makan Kerajaan Paling Mewah Sepanjang Sejarah, Ada Pesta CleopatraFoto: Mashed

Profesi chef ternyata sudah ada sejak zaman dulu. Buktinya tahun 1817, King George IV mempekerjakan chef Marie-Antoine CarĂªme. Salah satu tugasnya membuat jamuan makan berkesan untuk menyambut kunjungan Tsar Nicholas I ke Inggris.

Jamuan makan ini dikenal dengan nama The Regent's Banquet karena saat itu, George masih menjadi satu-satunya pangeran dan pewaris tahta kerajaan Inggris. Ia meminta chef untuk menyajikan lebih dari 100 menu, termasuk 8 jenis sup, 40 hidangan pembuka, dan 32 hidangan penutup.

Beberapa yang dikenali adalah olahan ayam dengan mayones, kepala ikan sturgeon dengan champagne, hingga replika The Royal Pavilion yang seluruhnya terbuat dari kue. Saat itu tamu yang hadir hanya 45 orang, namun acara berlanjut dengan pesta dansa yang dihadiri lebih banyak orang hingga larut malam.

2. Mutiara Cleopatra

5 Pesta Makan Kerajaan Paling Mewah Sepanjang Sejarah, Ada Pesta CleopatraFoto: Mashed

Ratu legendaris Mesir, Cleopatra juga pernah punya kisah terkait pesta makan kerajaan mewah yang ia konsumsi. Seperti diceritakan dalam The Classical Journal yang diterbitkan Universitas Chicago, Cleopatra konon dulu mengolok-olok kebiasaan makan mewah suaminya, Mark Anthony.

Cleopatra bertaruh bisa menghabiskan 10 juta sesterces Romawi atau diperkirakan USD 5 juta (Rp 73 miliar) saat ini, untuk sekali makan malam. Ia juga mengatakan akan melakukan hal serupa keesokan harinya.

Cleopatra lantas menikmati banyak makanan enak, namun Mark Anthony percaya diri makanan miliknya masih lebih mahal. Tak putus akal, Cleopatra yang ingin menang dari suaminya lantas melepas salah satu anting mutiaranya yang super mahal untuk dilarutkan dalam cuka sebelum meminumnya dengan santai. Cleopatra pun otomatis bisa mengalahkan sang suami soal menu makan mewah.

3. Pesta Natal Henry VIII

5 Pesta Makan Kerajaan Paling Mewah Sepanjang Sejarah, Ada Pesta Cleopatra5Foto: Mashed

King Henry VIII dari Inggris terkenal sebagai raja dengan banyak istri. Tak hanya itu, ia juga terkenal sosok yang amat royal hingga membuat banyak jamuan makan Natal mewah selama masa berkuasa.

Kabarnya ia menghabiskan 7.000 pound sterling (Rp 128 juta) per tahun untuk pesta Natal saja. Jumlah ini lebih banyak dibanding budget tahunan ayahnya saat memerintah yang hanya 12.000 pound sterling (Rp 220,8 juta) untuk semua urusan.

Lalu menu apa saja yang disajikan King Henry VIII? Ia menyediakan banyak olahan burung, termasuk kalkun, angsa, dan merak. Menurut sejarawan di Hever Castle, ketika olahan burung disajikan untuknya, tampilannya tidak seperti hidangan panggang yang umum kita temui sekarang, tetapi lebih seperti hiasan di tengah meja. Kulit burung yang sebelumnya dipisahkan kabarnya dipasangkan kembali ke burung utuh itu setelah dimasak. Alhasil, olahan burung lengkap dengan bulu-bulu ini terlihat sangat megah dan tidak biasa.

Lihat lagi pesta makan kerajaan paling mewah di halaman selanjutnya.



Simak Video "Menjajal Kuliner Khas Makassar yang Jadi Favorit Pilot dan Pramugari"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT