Bentuknya Unik, Food Vlogger Ini Terpesona dengan Buah Nipah

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Senin, 23 Mei 2022 15:30 WIB
Bentuknya Unik, Food Vlogger Ini Terpesona dengan Buah Nipah
Foto: Instagram migrationology
Jakarta -

Di Asia Tenggara ada banyak buah eksotis yang bikin orang luar negeri terpana. Salah satunya buah nipah yang unik. Tampilan luarnya unik dengan bagian daging buah bertekstur mirip jelly!

Mark Wiens adalah seorang food vlogger asal Amerika Serikat yang kini menetap di Thailand. Ia konsisten mengunggah konten seputar kuliner-kuliner kaki lima dan makanan eksotis yang ditemuinya.

Baru-baru ini Mark Wiens (21/5) menunjukkan keunikan buah nipah atau nipah palm yang ia temui di sebuah perkebunan di Thailand melalui Instagramnya, @migrationology. "Salah satu buah paling keren di bumi," katanya di keterangan foto. Ia menginformasikan buah nipah disebut 'jaak' dalam bahasa Thailand.

Buah nipah tumbuh bergerombol dalam satu tandan. Bagian luarnya berwarna cokelat tua, mirip bunga kuncup, namun dalam tekstur yang keras. Untuk memanennya, diperlukan pisau yang sangat tajam untuk memisahkan buah nipah dari batang pohon.

Bentuknya Unik, Food Vlogger Ini Terpesona dengan Buah NipahFood vlogger Mark Wiens terpesona dengan buah nipah. Foto: Instagram migrationology

"Buah ini berat, sepertinya berat per buah mencapai 3 kg," kata Mark Wiens. Ia lantas menunjukkan cara mengambil daging buah nipah.

Buah ini dibelah menggunakan golok agar terpisah-pisah per kuncupnya. Setelah itu dibelah vertikal untuk mendapatkan daging buahnya.

Terlihat daging buah nipah mirip kelapa, namun dengan warna putih bening. Selintas mirip daging buah rambutan juga. Untuk mengambilnya tinggal dicongkel agar terlepas.

Menurut Mark Wiens rasanya sangat enak. Ia sampai memejamkan mata saking enaknya. "Rasanya seperti gabungan kelapa yang renyah dan leci," ujarnya.

Banyak netizen yang baru tahu buah nipah terpesona dengan buah ini. Tak sedikit yang menyamakan buah nipah dengan buah lontar alias siwalan di Indonesia, meski sebenarnya berbeda.

Bentuknya Unik, Food Vlogger Ini Terpesona dengan Buah NipahBuah nipah dipotong vertikal untuk diambil daging buahnya. Foto: Instagram migrationology

"Keseluruhan buah ini sangat cantik, seperti ornamen buat Natal," sahut seorang netizen. "Wow! Belum pernah melihat buah ini. Tak sabar untuk mencobanya," kata netizen lain.

Mengutip Wikipedia, buah nipah adalah sejenis palem yang biasa tumbuh di lingkungan hutan bakau atau daerah pasang surut, dekat tepi laut. Nama lainnya adalah attap palm di Singapura dan losa di Filipina.

Buah nipah sejak dulu dikonsumsi karena mengandung banyak nutrisi. Konon di dalamnya kaya antioksidan, mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin. Mengonsumsinya disebut bisa bantu cegah kanker.

Bentuknya Unik, Food Vlogger Ini Terpesona dengan Buah NipahDaging buah nipah disebut Mark Wiens seperti gabungan rasa kelapa dan buah leci. Foto: Instagram migrationology

Masyarakat daerah pesisir di Indonesia juga kerap memanfaatkan buah nipah untuk dijadikan olahan seperti gula merah nipah, cuka buah nipah, hingga manisan buah nipah. Banyak juga yang menjadikannya bahan pengobatan tradisional mengingat manfaat sehatnya.

Selain buahnya, nipah juga dimanfaatkan daun hingga pelepahnya. Daun nipah bisa jadi atap rumah alami yang memiliki daya tahan 3-5 tahun. Sementara tangkai daun dan pelepahnya bisa dijadikan bahan kayu bakar.



Simak Video "Unik! Kafe Rasa Bali di Bintaro Ini Sajikan Kopi Buah Pala"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)