Tuai Pro Kontra, Ibu Ini Cuci Sisa Pasta Anaknya untuk Diolah Kembali

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Minggu, 22 Mei 2022 10:00 WIB
Tuai Pro Kontra, Ibu Ini Cuci Sisa Pasta Anaknya untuk Diolah Kembali
Foto: TikTok @myplantbasedfam
Jakarta -

Ibu ini jadi sorotan netizen karena punya cara tak biasa dalam berhemat. Ia mencuci sisa pasta anaknya saat makan siang agar bisa dimakan lagi saat makan malam.

Ada banyak cara untuk berhemat dan mencegah makanan terbuang sia-sia. Mulai dari membeli makanan sewajarnya hingga selalu menghabiskan makanan yang sudah dibeli atau dimasak.

Seorang ibu di Amerika Serikat menunjukkan cara sedikit berbeda. Mengutip unggahan TikTok-nya, @myplantbasedfam (4/4), ia terlihat 'mendaur ulang' menu pasta anaknya saat makan siang.

Sisa pasta yang tak termakan sang anak tidak ia buang, tetapi dicuci untuk diolah kembali sebagai menu makan malamnya. Terlihat ia membilas pasta itu di saringan dengan air keran agar saus-sausnya menghilang.

Tuai Pro Kontra, Ibu Ini Cuci Sisa Pasta Anaknya untuk Diolah KembaliIbu ini mencuci sisa pasta anaknya di saringan untuk diolah kembali jadi menu makan malamnya. Foto: TikTok @myplantbasedfam

Setelah itu, ia tambahkan berbagai bahan pilihannya. Mulai dari kimchi hingga mentega. Ia juga meracik pasta ini dengan aneka bumbu.

"Tapi suami saya berpikir saya aneh karena melakukan ini. Ia melihat saya seolah saya gila ketika mencuci pasta," kata @myplantbasedfam. Ia lalu bertanya pada netizen, apakah hal yang ia lakukan benar-benar aneh atau merupakan cara bagus mengurangi limbah makanan?

Baca Juga: Viral Teko di Rumah Makan Ini Airnya Tidak untuk Diminum Tapi Buat Cuci Tangan

Unggahan yang sudah disukai lebih dari 22 ribu kali ini menuai ratusan komentar. Ada yang memuji pilihan @myplantbasedfam, namun tak sedikit juga yang menganggapnya aneh.

"Saya rasa ini aneh tapi bukan berarti ini ide yang buruk," kata seorang netizen yang menyertakan ungkapan tawa. "Secara pribadi saya rasa ini tindakan brilian, tapi sedikit aneh," sahut netizen lain.

Lalu ada juga yang menyemangati @myplantbasedfam untuk tak ragu menjalankan idenya. "Jika memang berhasil, ya berarti berhasil," ujar seorang netizen. "Cara ini tidak aneh kok, kan hanya (dibilas) air," kata netizen lagi.

Tuai Pro Kontra, Ibu Ini Cuci Sisa Pasta Anaknya untuk Diolah KembaliSisa pasta diolah kembali bersama kimchi dan bumbu lain agar bisa dimakan untuk menu makan malam. Foto: TikTok @myplantbasedfam

Sebelum @myplantbasedfam, praktik mencuci makanan juga pernah dilakukan beberapa orang. Danny Razali, seorang netizen Malaysia pernah melakukannya, namun karena alasan berbeda.

Ia mencuci makanan bukan untuk mengurangi limbah makanan, melainkan tak kuat pedasnya rasa menu yang dimakannya yaitu sambal cumi. Ia yang tengah menikmati nasi lemak dengan sambal cumi itu terlihat menceburkan satu per satu cumi ke dalam mangkuk isi air.

Danny rupanya 'mencuci' cumi itu. Setelah balutan sambalnya berkurang, barulah ia mencampurkan kembali potongan cumi ke nasi gurih dan melahapnya.

"Aku memang tipe orang yang tidak bisa makan pedas, tapi jika makan sambal sotong, beginilah jadinya," kata Danny di keterangan video. Saat berita ini ditulis, videonya sudah ditonton lebih dari 328 ribu kali.

Ternyata apa yang dilakukan Danny ini kerap dilakukan banyak orang lainnya. Mereka tak ragu mengatakan telah sering melakoni hal ini.

Baca Juga: Kocak! Netizen Ini Cuci Sambal Cumi karena Tak Kuat Makan Pedas



Simak Video "Bikin Laper: Menyantap Bakso Kuburan dengan Sambal Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)