Makan Ayam Geprek dan Minum Es Teh Manis Ternyata Kurang Baik Bagi Kesehatan

Riska Fitria - detikFood
Rabu, 18 Mei 2022 19:30 WIB
Makan ayam geprek dan es teh manis
Foto: TikTok/iStock
Jakarta -

Makan ayam geprek memang paling cocok dengan minuman es teh manis. Namun, paduan keduanya ternyata tidak cocok untuk kesehatan.

Sesuai dengan namanya, ayam geprek merupakan kuliner berupa ayam goreng yang disajikan dengan cara digeprek. Kemudian ayam tersebut dilumuri sambal.

Sensasi rasa pedas pada ayam goreng tersebut membuat banyak orang ketagihan. Maka tak heran kini banyak gerai restoran yang menawarkan menu ini.

Makan ayam geprek dengan tingkat kepedasan level tinggi memang enaknya minum es teh manis yang segar. Di banyak restoran pun sering ditawarkan paket dengan dua menu itu.

Baca Juga: Gurih Mantap! Nasi Tumpas Khas Majalengka dengan Campuran Ampas Kedelai

Makan ayam geprek dan es teh manisMakan ayam geprek dan es teh manis Foto: TikTok/iStock

Namun tahukah kamu bahwa di balik nikmatnya kedua menu tersebut menyimpan fakta nutrisi menarik. Hal ini disampaikan oleh ahli gizi melalui TikTok @beautrition (15/05).

Dikonfirmasi detikFood (18/05), kandungan pada daging ayam dan teh ternyata tidak cocok untuk dimakan bersamaan. Ia mengatakan bahwa teh mengandung tanin dan kafein.

Sementara daging ayam mengandung zat besi. Kandungan tanin dan kafein pada teh itu bisa menghambat penyerapan zat besi di dalam tubuh.

"Bisa menghambat penyerapan zat besi di dalam tubuh. Di mana zat besi ini banyak terdapat pada daging ayam," tulisnya dalam caption video.

Baca Juga: Ini 5 Ayam Geprek Pedas Nampol dengan Rating Tinggi di Aplikasi Ojol

Makan ayam geprek dan es teh manisMakan ayam geprek dan es teh manis Foto: TikTok/iStock

Lantas apa minuman yang cocok dipadukan dengan menu ayam geprek? Ahli gizi tersebut menyarankan untuk minum es jeruk karena mengandung vitamin C.

"Sebaiknya minum es jeruk. Es jeruk mengandung vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh," lanjutnya.

Videonya ramai dan ditanggapi oleh netizen. Banyak netizen yang mengakui bahwa mereka sudah terbiasa makan ayam geprek dan minum es teh manis di waktu bersamaan.

"Tapi kebanyakan paket makan di restoran ayam tuh ayam plus es teh," tulis netizen.

"Saya sejauh apapun perginya, makanan ataupun minuman yang harus dibeli ya es teh," tulis netizen lainnya.

Baca Juga: Niat Traktir Keluarga Pacar Makan Ayam Geprek Malah Dapat Zonk



Simak Video "Nikmatnya Sambal Pedas Racikan Ayam Geprek Hani's"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)