ADVERTISEMENT

Gurih Mantap! Nasi Tumpas Khas Majalengka dengan Campuran Ampas Kedelai

Erick Disy Darmawan - detikFood
Jumat, 06 Mei 2022 13:30 WIB
Nasi Tumpas Majalengka
Foto: Erick Disy Darmawan/detikJabar
Majalengka -

Nasi tutug khas Majalengka ini punya keunikan. Namanya nasi tutug hampas alias nasi tumpas yang dibuat dengan campuran ampas kacang kedelai.

Jika biasanya nasi tutug diberi campuran oncom bakar atau oncom goreng, berbeda dengan nasi tutug di Majalengka ini. Nasi tutug hampas dibuat menggunakan ampas kacang kedelai sebagai campurannya.

Ampas kedelai ini berasal dari sisa proses pembuatan kecap. Pencipta nasi tumpas adalah pemilik Missae Food Authentic Majalengka, Dinna Nurhayati. Ia membuat makanan ini berawal dari keresahan dirinya terhadap minimnya menu kuliner yang ada di Majalengka.

"Awalnya saya kepingin membuat makanan yang baru biar kuliner khas Majalengka juga punya banyak pilihan menu makanannya. Nah, karena di Majalengka ada yang khas itu kan hampas, makanya saya pilih hampas jadi menu campuran makanan ini," kata Dinna kepada detikJabar, Rabu (4/5/2022).

"Tapi pas awal banget nasinya tuh cuman pakai tumisan biasa, terus ada yang nyaranin pakai daun jeruk katanya biar wangi. Terus kita coba dikolaborasikan tambahan daun jeruk juga," lanjut dia.

Baca Juga: Empuk Gurih! Ini Roti Bawang Saus Keju Buatan Roti Wangi Majalengka

Dinna sudah melakoni bisnis kuliner ini kurang lebih selama 2 tahun. Ia melayani pembelian konsumen untuk sementara ini melalui pemesanan via online.

"Dulu mah ada kedai di samping Polsek Majalengka Kota, tapi lagi rehat dulu. Kalau ada yang mau pesan masih bisa lewat akun Facebook mbutique missae dan Instagram missae_food," ujar dia.

Nasi tumpas terasa makin nikmat saat dipadukan aneka lauk. Ada lauk tambahan seperti sambal cumi, sambal tongkol, ayam geprek, pedesan ayam, telur balado, tahu, sate usus dan lain-lain.

"Paket nasi, sambal cumi sama satu lauk itu harganya Rp 15 ribu. Kalau yang paket spesial dari harga Rp 25 ribu sampai Rp 35 ribu itu menunya nasi sambal cumi, sambal tongkol, terus pakai telur atau tumisan katel. Tapi untuk lauk mah tergantung permintaan pembeli takutnya gak selera," papar dia.

Baca Juga: Maknyus! Sedapnya Nasi Tutug Hampas Khas Majalengka



Simak Video "Uniknya Menu Rujak Bakso di Majalengka"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT