ADVERTISEMENT

Ini Tampilan Air Galon dan Air Zamzam Jika Dilihat Lewat Mikroskop

Devi Setya - detikFood
Minggu, 15 Mei 2022 17:30 WIB
Minuman yang dilihat pakai mikroskop
Foto: TikTok @fatahyasir
Jakarta -

Bakteri dan mikroorganisme hanya bisa dilihat menggunakan bantuan mikroskop. Lantas seperti apa tampilan air galon, air zamzam hingga anggur merah jika dilihat melalui mikroskop?

Seorang konten kreator yang eksis di TikTok memiliki deretan video saat ia melihat makanan dan minuman menggunakan mikroskop. Khusus untuk jenis minuman, pengguna akun TikTok @fatahyasir ini sudah mencoba melihat berbagai jenis minuman melalui mikroskop.

Ia membagikan video saat melihat air galon isi ulang Rp 5000, air zamzam bahkan anggur merah yang dijual dalam kemasan botol kaca. Semuanya dilihat dengan pembesaran 1000 kali.

Setiap minuman memiliki keunikan masing-masing, ada yang bersih bebas bakteri, ada yang penuh bakteri, bahkan ada yang mengandung banyak nutrisi. Ketika dihubungi Detikcom (15/5) Fatah mengatakan semua video ini dibuat untuk tujuan pembelajaran. Tidak ada maksud atau niat menjatuhkan pihak manapun.

Berikut beberapa minuman yang pernah dilihat melalui mikroskop:

1. Air galon isi ulang Rp 5.000

Beberapa waktu lalu, Fatah mencoba melihat kualitas air galon isi ulang yang dibeli dengan harga Rp 5.000. Ia mengatakan air ini sudah menjadi air konsumsi keluarganya selama lebih dari 3 tahun.

Ketika dilihat melalui mikroskop terdapat banyak 'benda' pada air galon isi ulang ini. Fatah memperlihatkan serpihan kristal yang tersebar di beberapa tempat. Kemudian ada hewan kecil mirip serangga yang sudah dalam keadaan mati.

Dan ketika diperbesar secara maksimal, tampak terlihat bakteri dan mikroorganisme dalam air galon isi ulang ini. Ia juga membandingkan dengan air galon bermerek ternama. Ketika diperbesar, air galon ini justru terlihat sangat bersih tanpa adanya kristal maupun mikroorganisme.

Minuman yang dilihat pakai mikroskopMinuman yang dilihat pakai mikroskop Foto: TikTok @fatahyasir

2. Yakult


Minuman selanjutnya yang juga dilihat melalui mikroskop adalah Yakult. Minuman fermentasi ini cukup unik, ketika dilihat melalui mikroskop tampak ribuan mikroorganisme di dalamnya. Bukan kuman atau bakteri jahat, mikroorganisme ini adalah bakteri baik.

Video ini juga menjelaskan bahwa dalam 1 ml Yakult terdapat lebih dari 100 juta bakteri Lactobacillus casei Shirota strain dalam keadaan hidup. Bisa dibayangkan, jika minum satu botol Yakult berarti sama seperti mengonsumsi lebih dari 6 miliar bakteri baik yang bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan.

3. Susu Beruang


Susu Beruang juga menjadi objek minuman yang dilihat melalui mikroskop. Fatah menemukan banyak serpihan putih saat memperbesar minuman susu steril ini.

"Banyak serpihan putih, kristal gula dan lemak susu trigliserida," ujarnya dalam video. Lemak susu trigliserida adalah zat utama penyusun susu pada mamalia. Kandungannya dalam susu murni mencapai 98 persen. Trigliserida mengandung energi atau kalori.



Simak Video "61,27% Penduduk RI Konsumsi Minuman Manis Lebih dari 1 Kali per Hari"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT