5 Manfaat Makan Pakai Tangan, Lebih Sehat Dibandingkan Pakai Sendok

Devi Setya - detikFood
Kamis, 12 Mei 2022 11:30 WIB
Ilustrasi makan pakai tangan
Foto: Getty Images/rudi_suardi
Jakarta -

Di Indonesia makan langsung menggunakan tangan sudah menjadi bagian dari tradisi. Ternyata makan menggunakan tangan ini terbukti lebih sehat dibandingkan menggunakan sendok.

Masyarakat di beberapa negara memiliki tradisi makan menggunakan tangan. Termasuk di Indonesia dan India yang mayoritas masyarakatnya makan langsung menggunakan tangan alias tanpa alat makan seperti sendok atau garpu.

Makan langsung menggunakan tangan dianggap membuat rasa makanan jadi lebih nikmat dan sedap. Proses mencampur bumbu, nasi dan aneka lauk sambil mengaduk menggunakan tangan ini juga bikin selera makan semakin meningkat.

Memang tidak semua jenis makanan bisa disantap menggunakan tangan, seperti misalnya makanan berkuah atau makanan bertekstur lembut. Dan tentu saja tidak semua momen makan cocok menerapkan makan menggunakan tangan, misal pada jamuan makan formal.

Dilansir dari Times of India (10/5) makan langsung menggunakan tangan ternyata bukan hanya memberi sensasi nikmat tapi juga punya manfaat untuk kesehatan. Seperti melancarkan sirkulasi darah hingga menjaga kesehatan pencernaan.

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan makan langsung menggunakan tangan:

1. Melancarkan sirkulasi darah

Sekilas tampak sederhana, tapi makan langsung menggunakan tangan ternyata bisa membantu melancarkan sirkulasi darah. Mengaduk makanan atau memotong makanan secara konsisten menggunakan tangan bisa membuat sendi pada jari dan tangan bergerak terus menerus.

Gerakan ini yang memicu lancarnya sirkulasi peredaran darah. Ketika menyentuh makanan dengan tangan, jutaan saraf di ujung jari akan mengirimkan pesan ke otak bahwa kamu akan makan. Pesan ini kemudian diteruskan ke perut, yang mulai melepaskan cairan pencernaan dan enzim yang dibutuhkan untuk pencernaan.

Ilustrasi makan pakai tanganIlustrasi nasi padang yang biasa dimakan pakai tangan Foto: Getty Images/rudi_suardi

2. Membuat makanan lebih nikmat

Makan langsung menggunakan tangan juga memiliki sensasi yang berbeda. Makanan akan terasa lebih nikmat dan enak. Hal inilah yang terkadang membuat orang kalap saat makan langsung menggunakan tangan.

Namun makan menggunakan tangan cenderung membuat orang akan mengunyah makanan lebih lama. Makanan pun akan lebih lembut ketika masuk ke sistem pencernaan. Tentu saja proses ini baik untuk kesehatan sistem pencernaan karena tak perlu bekerja ekstra saat menghancurkan makanan.

3. Lebih fokus saat menikmati makanan

Makan menggunakan tangan telah menjadi tradisi lama yang dilakukan di beberapa negara, termasuk India dan Indonesia. Sejak zaman dahulu, orang akan makan langsung menggunakan tangan sambil duduk di tanah, hal ini membuat kita merasa lebih menyatu dengan alam.

Tak hanya itu, makan menggunakan tangan juga membuat kamu lebih fokus pada rasa dan tekstur makanan. Ketika menyentuh makanan dengan tangan kamu akan merasakan teksturnya, demikian juga ketika kamu melahapnya. Makan dengan tangan terbukti membuat orang lebih tenang dan fokus pada makanan.



Simak Video "Bikin Laper: Enaknya Kepiting Saus Tiram di Popa Seafood PIK"
[Gambas:Video 20detik]