ADVERTISEMENT

Ini Dia Oleh-oleh Makanan yang Merajai Meja Kantor Usai Libur Lebaran

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 11 Mei 2022 12:30 WIB
Bolen Pisang
Foto: Tastemade
Jakarta -

Euforia mudik di Lebaran tahun ini begitu terasa. Bahkan muncul oleh-oleh makanan yang kembali merajai meja kantor di ibu kota usai libur Lebaran berakhir.

Sempat tidak bisa mudik selama dua tahun berturut-turut, membuat banyak orang di Indonesia rindu dengan suasana Lebaran di kampung halaman. Sampai mencicipi oleh-oleh dari kampung halaman yang tak pernah absen setelah Lebaran.

Hal ini lah yang dibahas oleh pengguna Twitter @fans12am (10/05). Lewat cuitan viralnya yang disukai lebih dari 54,1 ribu pengguna Twitter, dirinya membahas tentang situasi meja perkantoran di Jakarta tepat di hari pertama masuk kerja usai libur Lebaran yang panjang.

"Situasi meja-meja perkantoran di ibu kota pagi ini," tulis Edwin, pemilik akun @fans12am. Ia menambahkan empat foto makanan ikonik yang selalu jadi oleh-oleh orang pulang mudik, untuk dibawa ke kantor agar bisa dicicipi rekan kantor mereka.

Ada beberapa makanan yang wajib hadir mulai dari pisang bolen andalan Kartika Sari dari Bandung, hingga Bakpia Kukus yang hits di Yogyakarta.

Berikut beberapa makanan yang mewarnai meja kantor usai libur Lebaran.

Baca Juga: Pulang Jalan-jalan dari Bogor, Jangan Lupa Borong Talas dan Ubi Cilembu" selengkapnya


1. Makanan Wajib Buat Oleh-oleh di Kantor

Resep Green Tea Almond Crispy Khas SurabayaGreen Tea Almond Crispy Khas Surabaya Foto: Youtube@Yongki Gunawan

Di posisi pertama, Edwin memasukkan menu pisang bolen keluaran bakery ternama Kartika Sari yang paling hits di Bandung. Biasanya oleh-oleh ini dibawa oleh rekan kerja yang mudik ke daerah Bandung dan sekitarnya.

Kemudian tak ketinggalan Bapkia Kukus keluaran Tugu Jogja, menghiasi daftar teratas oleh-oleh untuk teman kantor usai Lebaran. Berbeda dengan bakpia tradisional, bakpia kukus ini lebih dilirik jadi oleh-oleh karena tampak kekinian dan dikemas dalam plastik terpisah. Jadi gampang untuk dibagi di kantor.

Sementara di posisi selajutnya ada snack Almond Crispy Cheese dari Toko Wisata Rasa khusus yang mudik ke Surabaya. Sampai oleh-oleh Wingko Babad Cap Kereta Api yang wajib dibeli saat di Semarang.

2. Bolu Meranti dan Keripik Sanjai dari Sumatera

Bolu MerantiBolu Meranti Foto: Khairul Ikhwan Damanik/dok. detikcom

Tak hanya oleh-oleh makanan hist dari Pulau Jawa, Edwin juga menambahkan empat jenis makanan dari Sumatera yang mewarnai meja perkantoran usai Lebaran. Ada Bolu Meranti khas Medan, potongan ikonik bolu gulung yang lembut ini selalu jadi incaran banyak orang.

Kemudian yang mudik ke daerah Sumatera Barat, biasanya membawa Kripik Balado buatan Christine Hakim yang punya rasa gurih, manis dan pedas. Untuk yang mudik ke Palembang, oleh-oleh yang dibawa ke kantor bukan pempek karena mudah basi. Melainkan kerupuk ikan dan kemplang khas Palembang lengkap dengan cuko nya.

Terakhir mereka yang mudik ke daerah Lampung dan sekitarnya, akan membawa oleh-oleh tentengan tas karton keripik pisang kepok merek ANEKA dengan logo ayam Yen Yen.

3. Pia khas Bali

Resep Pie Susu Pie Susu Foto: Semua Bisa Masak TransTV


Edwin menyelipkan humor yang tak kalah lucu. Menurutnya selain Pulau Jawa dan Sumatera, oleh-oleh dari Bali juga merajai meja perkantoran usai Lebaran. Bukan karena banyak yang mudik di sana. Melainkan oleh-oleh ini dibawa oleh koko dan cici (keturunan Tionghoa), yang memutuskan untuk menghabiskan libur Lebaran di Bali.

Oleh-oleh yang dibawa dari Bali, tentunya ada Pie Susu Dhian yang legendaris. Kemudian disusul dengan Pia Legong dengan lambak kotak penari berwarna merah di depannya.

Tak ketinggalan Kacang Disco Kecak Mama khas Bali. Smapai Pia Eiji dengan topping cokelat atau keju.

4. Oleh-oleh Pilihan Netizen

Kue Jalangkote khas SulselKue Jalangkote khas Sulsel Foto: Rahma Amin

Jika di daftar di setiap pulau atau daerah, pastinya tidak akan cukup sehari penuh untuk membahas oleh-oleh makanan apa saja yang paling banyak diburu pemudik saat Lebaran. Jadi netizen menambahkan sendiri oleh-oleh yang biasa mereka bawa.

Seperti Kuku Macan Ikan Pipih, camilan khas Samarinda yang paling enak dan disukai orang. Kemudian dari Makassar da Jalangkote Lasinrang. Kemudian dari Riau ada Lempuk Durian yang legit manis.

Ada juga netizen yang menyebutkan, bagi mereka yang pulang kampung ke Solo, para rekan dan kerabat di Jakarta akan langsung nitip Serabi Notosuman buatan Ny Lidia yang hits di sana.

5. Oleh-oleh Kaum 'Sultan'

Irvins Salted Egg SingapuraIrvins Salted Egg Singapura Foto: Istimewa

Tak lengkap membahas oleh-oleh makanan mewah, yang biasanya dibawa oleh atasan, bos atau rekan kerja yang menghabiskan libur Lebaran di luar negeri. Dari sekian banyak saran lucu yang masuk, ada beberapa makanan mewah yang hanya dibawa kaum 'Sultan' untuk oleh-oleh di kantor.

Ada yang bawa Garret Popcorn khas Chicago yang jadi oleh-oleh wajib bagi mereka yang liburan ke Singapura. Disambung dengan keripik salted egg dari Irvins khas Singapura. Sampai barisan cokelat mahal seperti KitKat, Snickers, Mars dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Pulang Jalan-jalan dari Bogor, Jangan Lupa Borong Talas dan Ubi Cilembu" selengkapnya



Simak Video "Rekomendasi Jajanan Mudik Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT