Bukan Daging Domba, Kebab Ini Dibuat Pakai Daging Unta

Devi Setya - detikFood Selasa, 10 Mei 2022 12:00 WIB
Kebab daging unta Foto: Getty Images/iStockphoto/Pavliha
Jakarta -

Kebab biasanya dibuat menggunakan daging sapi atau domba. Tapi di Inggris ada restoran kebab yang menawarkan menu unik berupa kebab isi daging unta.

Daging unta banyak dikonsumsi di negara Timur Tengah, tapi selain itu daging unta dianggap masih asing. Sebuah restoran kebab yang baru saja membuka cabang di Leeds, Inggris punya menu antimainstream.

Dilansir dari Metro (9/5) restoran spesialis kebab bernama I am Döner ini punya menu Camel Kebab. Sesuai dengan namanya, kebab satu ini dilengkapi dengan isian daging unta. Tentu saja menu ini menarik perhatian, di Inggris daging unta bukanlah makanan yang mudah didapatkan.

Kebab daging untaKebab daging unta Foto: Getty Images/iStockphoto/Pavliha

Menu ini sengaja dihadirkan sebagai daya tarik karena I am Doner baru saja membuka cabang pertamanya. Awalnya restoran ini terkenal di Dubai, UNI Emirat Arab.

Untuk kebab daging unta ini sama seperti kebab biasa, isiannya irisan daging unta yang sudah dipanggang. Kemudian dilengkapi dengan nasi dari beras basmati, sayuran, mayones dengan bawang putih serta saus khas dengan perasan jeruk lemon.

Di Timur Tengah, daging unta bukanlah makanan aneh. Hewan berkaki empat yang memiliki punuk ini kerap dijadikan olahan makanan. Unta juga populer sebagai hewan kurban sehingga dagingnya memang biasa dikonsumsi.

Pemilik restoran kebab ini Paul Baron mengatakan dirinya optimis memperkenalkan kebab unta ini di Inggris. Daging unta sudah dimasak dengan bumbu khas yang aromatik sehingga rasanya dijamin enak.

Bukan hanya kebab unta, sebelumnya restoran yang sudah beroperasi sejak 2016 ini juga punya menu kebab daging rusa yang dibuat khusus untuk meramaikan momen Natal.

Kebab daging untaKebab daging unta Foto: Getty Images/iStockphoto/Pavliha

"Dalam perjalanan kami baru-baru ini ke padang pasir, kami terinspirasi untuk menemukan cara memperkenalkan daging unta di Inggris. Kita harus menunggu dan melihat apakah itu akan menjadi menu terbaik kita," ujar Baron.

Kebab daging unta ini tersedia sebagai menu spesial dan hanya disajikan selama bulan Mei 2022 saja.

Melansir dari Mayo Clinic (9/5) daging unta memiliki nutrisi yang terbilang lengkap. Dalam 100 gram daging unta mengandung 136 kalori, 19,5 gram protein, 6,4 gram lemak dan mengandung asam lemak omega-6. Kandungan kalori dan lemak daging unta terbilang jauh lebih kecil dibandingkan daging sapi dan domba.



Simak Video "Bikin Laper: Buka Puasa dengan Kebab Khas Yordania"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com