Unik! Ada Kedai Kopi Vintage di Rest Area Heritage 260 B Banjaratma

ADVERTISEMENT

Kuliner Mudik

Unik! Ada Kedai Kopi Vintage di Rest Area Heritage 260 B Banjaratma

Riska Fitria - detikFood
Minggu, 08 Mei 2022 15:00 WIB
Kedai kopi di rest area heritage 206 B Banjaratma
Foto: detikcom
Jakarta -

Tak hanya tenant kuliner dan pusat oleh-oleh, di rest area KM 260 B Banjaratma juga ada kedai kopi. Salah satunya Antique Coffee yang punya menu Kopi Klepon.

Rest area KM 260 B Banjaratma di Brebes, Jawa Tengah dikenal sebagai rest area dengan gaya bangunan yang ikonik. Pasalnya rest area tersebut menempati bangunan bekas pabrik gula.

Bagi pemudik yang melewati jalan ruas tol Pejagan-Pemalang akan menemukan rest area ini. Rest areanya memiliki fasilitas lengkap untuk memenuhi kebutuhan pelancong.

Di dalamnya juga terdapat banyak tenant kuliner, pusat oleh-oleh, hingga kedai kopi. Salah satu kedai kopi yang bisa dikunjungi adalah Antique Coffee. Lokasi kedainya bersebelahan dengan kedai Telur Asin Pak Roshid.

Baca Juga: Sandiaga Dukung Rest Area Tingkatkan Potensi Ekraf

Kedai kopi di rest area heritage 206 B BanjaratmaAntique Coffee jadi salah satu Kedai kopi di rest area heritage 206 B Banjaratma Foto: detikcom

Kedainya memang tidak begitu luas, namun tetap ada beberapa meja dan kursi untuk pengunjung seperti di kafe kekinian pada umumnya.

Sesuai dengan namanya, Antique Coffee mengusung konsep kuno dan vintage. Konsep ini seolah mengikuti konsep dari rest area heritage 260 B Banjaratma sendiri yang memang klasik.

Di area kedainya dihiasi dengan barang-barang antik. Kepada detikcom (20/04) salah satu pelayan di sana mengatakan bahwa proses meracik kopinya dilakukan secara manual.

"Kita pakai cara-cara manual. Buat espresso kita pakai rok presso atau metode V60. Prosesnya lebih sulit sih, tapi ini bikin rasa kopinya jadi otentik," tuturnya.

Baca Juga: Keren! Kafe di Karawang Ini Mempekerjakan Anak Yatim Piatu

Es Kopi Susu KleponKopi Klepon yang ditawarkan oleh Antique Coffee Ilustrasi Foto: detikcom/Grandyos Zafna

Proses meracik kopi yang terbilang rumit itu dinilai dapat membuat kita sebagai penikmat kopi dapat lebih menghargai proses pembuatannya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa pengecekan kualitas biji kopi dilakukan secara rutin agar rasa kopinya tetap konsisten. Kami mencicipi salah satu menu yang ditawarkan Antique Coffee.

Menu tersebut adalah Kopi Klepon yang diracik diracik dari campuran espresso, susu, gula aren dan sirup pandan. Paduan ini menghasilkan rasa yang unik, rasa pandannya seimbang dengan rasa kopinya.

Kedai kopi ini bisa jadi tempat singgah di rest area KM 260 B Banjaratma. Sambil ngopi kamu juga berbelanja oleh-oleh khas Brebes mulai dari telur asin, bawang merah, dan camilan lainnya. Mampir yuk!

Baca Juga: Yuk Ngopi Dulu! Di Rest Area Heritage 260 B Banjaratma Ada 5 Kedai Kopi Keren



Simak Video "Sejarah Kebun Kopi Tertua di Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT