Rekomendasi Tempat Makan

5 Ayam Betutu Sedap Bumbunya, Wajib Dicoba Jika Sedang Berlibur ke Bali

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 06 Mei 2022 12:05 WIB
Jaen Sajaan! Ayam Betutu Disajikan dengan Tum Ayam dan Jukut Undis Buleleng
Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Bali memiliki ragam kuliner enak yang selalu bikin kangen. Salah satunya ayam betutu, sajian kaya rempah ini tidak pernah bikin bosan.

Kalau sedang berlibur ke Bali atau berencana untuk pergi ke sana. Wajib makan ayam betutu yang enak. Berbeda dengan sajian ayam lainnya, kalau ayam khas Gilimanuk, Bali ini dipanggang menggunakan api sekam menggunakan berbagai jenis rempah dan bumbu.

Seperti paduan bumbu halus dari kunyit, jahe, kemiri, bawang, cabe, terasi, ketumbar, gula merah dan masih banyak lagi. Nah, di Bali sendiri ada beberapa tempat makan ayam betutu enak yang menarik untuk dicoba.

Berikut rekomendasi tempat makan ayam betutu paling disukai banyak orang jika sedang berada di Bali.

Baca Juga: Jaen Sajaan! Ayam Betutu Disajikan dengan Tum Ayam dan Jukut Undis Buleleng" selengkapnya


1. Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Salah satu yang paling laris dan populer di Denpasar dan Kuta. Rumah makan Ayam Betutu khas Gilimanuk ini terletak di Jalan Merdeka, dan di daerah Jalan Raya Tuban Nomor 2X. Ciri khasnya di sini menggunakan ayam kampung yang juicy dan tidak alot sama sekali.

Menu pilihannya juga beragam. Bagi penggemar makanan pedas wajib coba Ayam Betutu Super Pedas Satu ekor. Kemudian tersedia pilihan ayam betutu bakar, dan ayam betutu goreng yang seuanya memiliki rasa autentik enak.

Bagi yang mau coba bebek betutu juga tersedia di sini. Karena di Bali sendiri, sajian betutu juga populer menggunakan daging bebek. Untuk kisaran harganya harga ayam betutu setengah ekor sekitar Rp 64.000 sementara harga satu ekornya berkisar di angka Rp 100.000.

2. Ayam Betutu Men Tempeh

Mampir ke Bali tanpa mencicipi ayam betutu kurang lengkap rasanya. Di dekat Pelabuhan Gilimanuk, ada rumah makan ayam betutu legendaris sejak 1978. Tempat makan ini jadi spot kulineran favorit para turis yang memasuki Bali via Pelabuhan Gilimanuk.

Ayam betutu buatan Men Tempeh terbilang kecil. Hal ini karena mereka memakai ayam kampung yang masih muda. Untuk bumbunya, Men Tempeh 1978 menggunakan racikan bumbu basa genep yang lengkap.

Ayam betutu dijual per 1/4 ekor, 1/2 ekor, dan 1 ekor. Untuk pengunjung rombongan atau keluarga, tersedia juga paket ayam betutu yang lebih hemat.

Paket ini dibanderol sekitar Rp114.000 dan bisa dinikmati 4 orang. Isiannya 1 ekor ayam betutu, 1 bakul nasi, 1 porsi sayur, sambal, dan kacang. Ada juga pelengkap tahu tempe dan ati ampela goreng.

3. RM Ayam Betutu Pak Man

Di RM Ayam Betutu Pak Man yang ada di sekitar Kuta, menjadi incaran banyak turis lokal yang mencari sajian ayam betutu enak, autentik dengan harga yang masih terjangkau. Tempat makan ini suasananya seperti warung makan sederhana, tapi kualitas rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan banyak diliput oleh food vlogger tekenal.

Di sini menu yang wajib dipesan tentu saja Ayam Betutu. Porsinya bisa satu ekor, setengah ekor atau seperempat ekor. Kisarannya dari Harga Rp 35.000 sampai Rp 85.000 saja. Tersedia juga ayam betutu goreng, bebek betutuk dan bebek betutu goreng.

Sementara bagi yang masih mau coba makanan Bali balinnya. BIsa pesan sate oroh, urab kacang, lawar bali, plecing kangkung, ayam sisit sambil matah hingga jukut ares. Tak perlu khawatir semua makanan di sini sudah tersertifikasi halal ya.



Simak Video "Laris Manis Laklak Biu Men Bayu Khas Tabanan"
[Gambas:Video 20detik]