ADVERTISEMENT

Sajian Lezat Lebaran

3 Cara Merebus Daging Sapi Agar Cepat Empuk Tanpa Presto

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 01 Mei 2022 07:00 WIB
3 Cara Merebus Daging Sapi Agar Cepat Empuk Tanpa Presto
Foto: Getty Images/iStockphoto/Malkovstock
Jakarta -

Daging sapi kerap diolah jadi rendang hingga semur saat lebaran. Untuk membuat daging sapi enak dan empuk, ikuti cara merebus daging sapi yang bikin cepat empuk dan tanpa presto ini.

Beberapa menu lebaran Nusantara menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Sebut saja rendang, semur, kare, atau kari yang selalu jadi incaran di setiap rumah.

Paduan bumbu rempah yang pas rasanya jadi kunci kelezatan olahan daging sapi ini. Tak hanya itu, tekstur daging sapi yang empuk juga sebaiknya dihadirkan agar orang-orang nyaman dan tak repot saat mengunyahnya.

Ada cara merebus daging sapi agar cepat empuk. Cara ini bisa dilakukan tanpa memerlukan panci presto atau panci bertekanan yang mahal harganya. Beberapa diantara cara berikut juga bisa menghemat penggunaan gas karena durasinya relatif sebentar.

Berikut 3 cara merebus daging sapi agar cepat empuk tanpa presto:

1. Pakai api kecil dan potongan daging yang tepat

3 Cara Merebus Daging Sapi Agar Cepat Empuk Tanpa PrestoMemilih bagian daging sapi yang tepat bisa membuat daging lebih cepat empuk saat direbus. Foto: Getty Images/iStockphoto/Malkovstock

Beberapa bagian sapi seperti iga dan kaki memerlukan waktu perebusan lebih lama, namun bagian daging seperti has dalam atau has luar bisa lebih cepat empuk. Gunakan dua bagian daging sapi ini untuk keempukan yang maksimal.

Setelah itu potong-potong daging sapi menjadi lebih kecil dan seragam. Potong dengan serat berlawanan arah agar daging tidak alot nantinya. Cara ini memungkinkan waktu merebus daging jauh lebih singkat.

Lalu saat merebus, gunakan api kecil agar daging tidak hancur nantinya. Cara ini bisa memastikan daging empuk dan matang secara merata. Daging sebenarnya cukup direbus 30-40 menit saja. Jangan terlalu lunak karena nanti akan dimasak kembali.

2. Teknik merebus 5-30-7

3 Cara Merebus Daging Sapi Agar Cepat Empuk Tanpa PrestoTeknik 5-30-7 saat merebus daging banyak disukai karena cepat dan hemat gas. Foto: Getty Images/iStockphoto/Malkovstock

Cara merebus daging sapi agar cepat empuk dan tanpa presto adalah dengan 5-30-7. Banyak orang sudah membuktikan keberhasilannya. Selain daging empuk, gas yang digunakan juga lebih sedikit.

Pertama, siapkan panci yang telah diisi air. Panaskan air hingga benar-benar mendidih baru kemudian masukkan potongan daging yang ingin dimasak.

Rebus daging selama 5 menit. Setelah 5 menit, matikan api kompor dan tutup rapat panci kemudian biarkan selama 30 menit. Saat panci ditutup pastikan sudah benar-benar rapat dan jangan dibuka-buka hingga waktu 30 menit habis.

Setelah didiamkan selama 30 menit nyalakan kembali api kompor. Lanjutkan untuk rebus selama 7 menit. Jika sudah selesai, cek tekstur daging.

Teknik ini bisa berhasil karena ketika panci ditutup, uap hasil pemasakan bisa mematangkan daging. Karenanya hindari membuka tutup panci daging terlalu sering. Sebaiknya juga gunakan panci yang tebal dan berat untuk proses ini.

3. Teknik merebus 17 menit

3 Cara Merebus Daging Sapi Agar Cepat Empuk Tanpa PrestoCara merebus daging sapi agar cepat empuk dan tanpa presto juga bisa dengan metode 17 menit. Foto: Getty Images/iStockphoto/Malkovstock

Cara merebus daging sapi agar cepat empuk dan tanpa presto ini juga bisa dicoba. Namanya teknik merebus 17 menit yang menunjukkan durasi total merebus daging.

Pertama, siapkan daging yang sudah dipotong-potong dengan berlawanan arah serat agar tidak alot. Kemudian rebus dalam air mendidih selama 7 menit. Setelah itu, tutup rapat panci dan biarkan selama 5 menit dengan posisi api kompor mati.

Jika sudah 5 menit, nyalakan kembali api. Rebus lagi selama 5 menit lalu matikan kembali. Ulangi cara ini sampai dua kali. Jika sudah mendidih, angkat daging sapi menggunakan saringan. Daging sapi pun siap diolah lebih lanjut.



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT