Sajian Lezat Lebaran

Cara Masak Rendang Daging dengan Bumbu Jadi dari Pasar, Praktis dan Enak!

Devi Setya - detikFood
Sabtu, 30 Apr 2022 15:30 WIB
rendang
Foto: shutterstock
Jakarta -

Rendang jadi primadona saat lebaran. Untuk membuat rendang yang praktis, bisa mengandalkan bumbu giling siap pakai. Begini cara masak rendang daging dengan bumbu jadi dari pasar.

Cara memasak rendang sebenarnya cukup mudah, hanya saja prosesnya membutuhkan waktu lama. Apalagi untuk membuat rendang kering yang mengharuskan daging dimasak berjam-jam sampai bumbunya meresap dan kental.

Untuk membuat rendang yang enak memang membutuhkan bumbu berlimpah. Sebut saja bawang merah, bawang putih, cabai merah, cengkeh, lada, kemiri, ketumbar, kapulaga, kayu manis, pala, cengkeh hingga asam kandis. Jika enggan meracik bumbu sendiri, kamu bisa mengandalkan bumbu jadi yang ada di pasar.

Fakta Rendang Goes to EuropeIlustrasi rendang Foto: iStock

Bumbu ini sudah lengkap dan rasanya juga terjamin enak. Untuk membuat rendang dari satu kilogram daging, kamu hanya perlu membeli bumbu jadi. Kisaran harganya jelang lebaran mencapai Rp 20 ribu. Praktis dan terjangkau.

Meskipun bumbu giling dari pasar sudah terbilang lengkap, tapi kamu masih bisa menambahkan beberapa bumbu tambahan seperti daun kunyit, lengkuas, asam kandis dan cabai jika ingin rendang yang lebih pedas.

Selain bumbu, santan juga menentukan kenikmatan dari resep rendang sapi khas Padang. Santan yang dimasak lama dapat menghasilkan minyak sehingga rendang akan kering dan bisa disimpan lama. Untuk 1 kg daging biasanya membutuhkan santan dari 3 butir kelapa.

Santan untuk Rendang Daging Ada 4 Jenis, Mana yang Paling Gurih?Cara membuat rendang Foto: iStock

Cara memasak rendang dengan bumbu jadi dari pasar ini sebenarnya sama saja. Dimulai dengan menumis bumbu, kemudian tambahkan lengkuas, daun kunyit dan asam kandis. Masukkan santan dan masak sampai mendidih, kemudian masukkan daging dan masak sampai bumbu kental dan kering.

Untuk durasi waktu memasak rendang ini berbeda-beda sesuai jumlah daging yang digunakan dan juga konsistensi rendang yang diinginkan. Semakin kering rendang yang dibuat maka semakin lama juga proses masaknya. Itu tadi cara memasak rendang dengan bumbu jadi dari pasar.

Sebagai tips, ketika mengolah rendang dengan bumbu jadi ini sebaiknya tambahkan garam di akhir waktu memasak. Karena biasanya rendang sudah asin sebelum ditambahkan garam. Jangan lupa juga bubuhkan sedikit gula untuk sensasi rasa gurih sedap pada rendang.


Kalau masih bingung dengan resep dan cara membuat rendang yang enak, intip panduan lengkapnya di sini



Simak Video "Dubes RI untuk Bulgaria Sukses Tarik Investasi Bahan Makanan USD 2 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)